Angkasa Pura 2

180 Taruna Akpelni akan On Board Study di KM Kelimutu Milik Pelni

Dermaga SDMRabu, 22 November 2017
KM kelimutu

SEMARANg (Beritatrans.com) – Direktur Akpelni Semarang, Capt Achmad Sulistyo menyatakan, taruna dan taruni Akpelni akan mengikuti kegiatan ‘On Board Study’ di Perairan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, hari Jumat – Minggu (24 – 26/11/2017) mendatang.

Mereka akan belajar di atas KM Kelimutu milik Pelni. Taruna Akpelni yang berangkat kegiatan “on Board Study” di Kapal KM Kelimutu, milik PT Pelni berasal dari kelas 6. Sebanyak 180 taruna dan taruni Akpelni akan mengikuti kegiatan ‘On Board Study’

“Mereka berasal dari tiga jurusan di kampus Akpelni, yaitu Nautica, Teknik, dan Ketatalaksanaan Niaga,” kata Direktur Akpelni Semarang, Capt Achmad Sulistyo keada pers di Semarang, Rabu (22/11/2017).

Untuk kegiatan On Board study ini, kampus Akpelni Semarang bekerja sama dengan manajemen PT Pelni, operator KM Kelimutu. Seperti diketahui, BUMN PT Pelni mengoperasikan kapal yang melayani wisatawan ke Karimunjawa secara rutin setiap dua pekan sekali.

Manajer Humas dan CSR PT Pelni Akhmad Sujadi sebelumnya kepada Beritatrans.com mengatakan, pihak selalu akomodatif dan siap menerima kadet pelaut untuk praktik kerja di atas kapal.

“Pelni selalu menerima cadet dari berbagai kampus pelayaran, termasuk taruna Akpelni Semarang, STIP Jakarta, PIP Semarang, Poltekpel Surabaya dan lainnya,” kata Sujadi menjawab Beritatrans.com.

Capt. Achmad Sulistyo, Akpelni

Capt. Achmad Sulistyo menambahkan, pemberangkatan taruna-taruni untuk On Board Studi dilakukan Jumat (24/11/2017) depan. Mereka merupakan taruna gelombang ketiga yang naik kapal pada tahun ini.

Tujuannya, menurut Capt. Achmad Sukistyo, supaya para taruna dan taruni Akpelni ini bisa mengerti dan merasakan secara langsung praktik kerja di kapal.

“Barangkali memang sebagian ada yang sudah pernah merasakan naik kapal, tapi mungkin ada juga yang belum pernah merasakannya,” jelas Capt. Achmad melalui rilis yang diterima pers.

Menurut Achmad, pengendalian pengoperasian kapal tidak terlepas dari adanya sumber daya manusia (SDM) yang cakap, handal, dan berkompeten di bidang navigasi, permesinan kapal, dan administrasi dokumen kapal dan kepelabuhan.

Achmad menambahkan perlu bagi lembaga Akpelni melaksanakan kegiatan On Board Study guna menunjang pengetahuan praktis.

“Banyak hal akan dipelajari taruna dan taruni saat mengikuti study on board. Misalnya bagaimana mereka melihat mesin secara langsung dan mengetahui cara merawatnya, mereka juga akan diacari bagaimana cara yang benar penumpang naik dan turun dari kapal,” tandas Capt. Achmad Sulistyo.(helmi)