Angkasa Pura 2

Awaludin: Bandara Silangit Mendukung Pengembangan Wisata Danau Toba

Bandara DestinasiJumat, 24 November 2017
IMG-20171124-WA0013

SILANGIT (Beritatrans.com) – Manajemen PT Angkasa Pura (AP) ll berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menhub Budi Karya Sumadi serta Menteri BUMN Rini Soemarno atas dukungan dan kesediaan hadir untuk meresmikan pembangunan terminal  dan landasan pacu Bandara Silangit,  Siborong-Borong, Jumat  (24/11/2017).

Dikatakan kini Bandara Silangit sudah menjadi bandara internasional dan terminal  yang cukup luas dan representatif. “Landasan pacunya menjadi  2.650 M dan luas terminal mencapai 3.000 M2,”  kata Dirut AP II Muhammad Awaludin  kepada pers di Bandara Silangit, Jumat.

Menurutnya Bandara Silangit kini mampu didarati pesawat jet jenis B 737 dan yang sejenis dengannya. “Ke depan bandara ini diharapkan mampu mendukung pengembangan   pariwisata lokal dan asing terutama ke Danau Toba yang sudah ditetapkan menjadi 10 destinasi wisata unggulan tahun 2017,” jelas Awaludin.

Jumlah penumpang pesawat terbang di Bandara  Silangit juga terus naik selama tiga tahun terakhir. Mereka sebagian besar adalah wisatawan baik lokal atau asing.

 ”Data AP II menyebutkan tahun 2015 jumlah penumpang pesawat udara di Bandara Silangit baru  17.000 orang setahun.

Tahun 2016 naik drastis menjadi 176.000 orang atau naik sampai 8 kali lipat. Sementara tahun 2017 sampai November jumlah penumpang naik menjadi 300.000 orang.

Bandara Silangit Layak Dikembangkan

Melihat arus penumpang tersebut, Awaludin mengaku sangat layak jika Pemerintah melului Kemenhub dan PT AP II jika mengembangkan Bandara Silangit menjadi lebih besar kapasitasnya.

“Arus wisatawan ke Danau Toba juga terus meningkat. Momentum ini yang perlu terus dijaga dan ditingkatkan. Sesuai cita-cita Presiden Jokowi untuk menjadikan “Bali Kedua” dan terus diminati wisatawan lokal dan asing,” papar Awaludin.

Pasca pereskian Bandara  Silangit ini, diharapkan pelayanan makin baik, jumlah penumpang meningkat. “Objek wisata Danau Toba makin berkembang dan diminati wisatawan.”

“Ini tugas  kita bersama, baik AP II, Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata dan masyarakat Sumut pada umumnya,” tegas Awaludin.(helmi)

loading...