Angkasa Pura 2

Besok, Pencalonan Indonesia Sebagai Anggota Dewan IMO Dideklarasikan

DermagaMinggu, 26 November 2017
IMG-20171126-WA0069

LONDON (BeritaTrans.com) – Besok (27/11/2017) merupakan saat mendebarkan bagi delegasi Indonesia pada Sidang Majelis International Maritime Organization (IMO) ke-30.

Ya, bersamaan dengan sidang IMO ke-30, yang akan berlangsung 27 November hingga 6 Desember 2017 menjadi momen Indonesia mendeklarasikan pencalonan sebagai anggota IMO.

“Indonesia akan mencalonkan diri sebagai anggota Dewan IMO kategori C periode 2018-2019,” jelas Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala) Dwi Budi Sutrisno di London, Ahad (26/11/2017).

Dewan IMO dituturkannya, merupakan organ eksekutif organisasi yang bertanggung jawab dibawah Assembly untuk mengawasi kerja organisasi.

Dewan melaksanakan semua fungsi Assembly kecuali membuat rekomendasi kepada pemerintah terkait keselamatan dan pencegahan polusi.

“Sementara Anggota Dewan pada Kategori C dimaksudkan bagi negara yang memiliki kepentingan khusus di bidang transportasi atau kelautan yang pemilihannya akan memenuhi representasi wilayah geografis utama di dunia,” paparnya.

Dwi mengungkapkan, keanggotaan Indonesia pada Dewan IMO, akan bermanfaat bagi visi kemaritiman Pemerintah RI.

“Disela-sela Sidang IMO, Indonesia akan melaksanakan resepsi diplomatik pada 28 November 2018 di Gedung IMO,” kata Dwi.

Seperti diketahui, sebelum sidang ke-30, telah dilaksanakan sidang ke-29 terkait dengan Council Extra Ordinary bertempat di Kantor Pusat IMO di London, Inggris.

Delegasi Indonesia terdiri atas unsur-unsur Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, Atase Perhubungan KBRI London Simson Sinaga, Kementerian Koordinator Bidang Maritim, Sekretariat Kabinet, Badan Keamanan Laut (Bakamla), dan Indonesia National Shipowners Association (INSA).

Ketua Delegasi RI untuk pertemuan dimaksud adalah Dirlala Dwi Budi Sutrisno. Sedangkan delegasi dari Kantor Pusat Ditjen Perhubungan Laut diwakili oleh Kasubdit Angkutan Laut Luar Negeri – Ditlala, Kasubdit Penanggulan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air – Dit KPLP serta Bagian Hukum selaku sekretariat. (omy)

loading...