Angkasa Pura 2

Erupsi Gunung Agung, 445 Penerbangan ke Bali Terdampak dan 7 Dialihkan ke Bandara Terdekat

Bandara KokpitSenin, 27 November 2017
IMG-20171127-WA0021

IMG-20171127-WA0022

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Peruhubungan  (Kemhub) yang dipimpin Sekretaris Jenderal Kembub Sugihardjo menggelar teleconference untuk memantau penanganan dampak erupsi Gunung Agung Bali, Senin (27/11/2017).

Kemhub fokus pada aksi penanganan  lalu lintas penerbangan dari dan menuju  Bandara Ngurah Rai Denpasae, dan berdara terdampak lainnya di sekitar Bali pasca erupsi Gunung Agung.

Sementara, dari  Posko di Bandara Ngurah Rai yang dipimpin langsung oleh Kepala Otoritas Bandara (Otbad) Herson dan jajaran termasuk Wagub Bali melaporkan perkembangan terkini terkait penanganan yang telah dilakukan.

Dalam acara tersebut, Herson melaporkan sejak Bandara I Gusti Ngurah Rai ditutup, tercatat ada 445 penerbangan yang terdampak baik dibatalkan dialihka ke bandara terdekat karena alasan keselamatan. Hal itu dialami baik oleh penerbangan menuju maupun dari Bali.

Dari 445 penerbangan yang akan mengalami pembatalan, yaitu 196 rute internasional dan 249 rute domestik.

Sejak Senin (27/11/2017) pagi, ada tujuh penerbangan menuju Ngurah Rai Bali dialihkan atau divert ke bandara terdekat. Mereka itu adalah pesawat Garuda Indonesia, Citilink Indonesia dan Lion Air.

Sejak pagi, papar Herson, sebanyak tujuh penerbangan dialihkan,  masing-nasing empat penerbangan ke Bandara  Djuanda Surabaya,  dan tiga lain ke  Makassar, Lombok Praya serta satu dialihkan  ke Singapura.

Ditambahkan Herson, penerbangan yang akan berangkat dari Bali dibatalkan atau ditunda. Sedangkan penerbangan menuju Bali yang sudah berangkat sebelum 07.15 Wita, akan dialihkan pendaratannya ke beberapa bandara sekitar Bali.

IMG-20171127-WA0023

Siagakan Bandara Altenatif

Sementara, manajeamen  Angkasa Pura I (Persero) untuk mengantisipasi penerbangan yang akan datang ke Bali, pihak BUMB itu  sudah menyiagakan beberapa bandara alternatif, yaitu Bandara Juanda Surabaya.

Selian itu juga ke Bandara Lombok Praya, Bandara Sultan Hasanussin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Ahmad Yani Semarang, dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta.(helmi/naomy)

loading...