Angkasa Pura 2

Ketua KNKT: Siapkan Tempat Istirahat Supir yang Layak di Tempat Wisata

KoridorSelasa, 28 November 2017
IMG20171128100701

IMG20171128092430

SURABAYA (BeritaTrans.com) – Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menegaskan agar di tiap tempat wisata untuk menyediakan tempat istirahat bagi para supir angkutan pariwisata, untuk keselamatan bertransportasi.

“Siapkan tempat istirahat supir yang layak di tempat wisata!” kata dia dalam FGD “Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Melalui Pengawasan Persyaratan Teknis dan Laik Jalan” di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/11/2017).

Untuk itu, pihaknya juga telah mengirimkan surat kepada Kementerian Pariwisata, untuk mendukung realisasi tempat istirahat para supir di tempat wisata.

Selama ini, dari hasil pantauan KNKT tempat-tempat pariwisata hanya menyediakan lahan parkir dan supir beristirahat hanya di bus masing-masing.

Tentu saja hal ini berisiko terhadap keselamatan jalan. Dengan waktu istirahat yang kurang ditambah lokasi yang apa adanya, dapat menggangu konsentrasi supir saat mengemudi.

“Bayangkan saja, mereka terkadang istirahat hanya di dalam bus, sementara satu dua jam selanjutnya harus mengemudi untuk jarak jauh,” ujar dia.

Menurutnya, kelaikan supir juga berbanding lurus dengan kelaikan jalan bus pariwisata yang akan dioperasikan.

Soerjanto juga mengingatkan agar tidak menggunakan bus pariwisata yang tak laik jalan atau tidak jelas kelengkapan data ramp check, untuk keselamatan bertransportasi. (omy)

loading...