Angkasa Pura 2

Seleksi Catar Dari Ponpes, Paling Lambat Maret 2018 Masuk Kampus STPI

SDMSelasa, 28 November 2017
Suyatmo STPI

CURUG (Beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) telah dan sedang melakukan seleksi calon taruna lulusan pondok pesantren (ponpes). Banyak peserta yang mendaftar dan ikut seleksi di beberapa program studi (prodi) di STPI Curug.

Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan (BAAK) STPI Suyatmo, S.SiT, MM mengatakan, untuk calon taruna penerbang atau pilot yang mendaftar 14 orang dan ikut seleksi 13 orang. Yang lulus ampai tes kesehatan tahap II ada 4 orang.

“Jika lulus tes kesehatan tahap II, maka akan dilanjutkan dengan tes bakat terbang,” kata Suyatmo menjawab Beritatrans.com di Curug, Selasa (28/11/2017).

Dia menambahkan, untuk proses seleksi calon taruna STPI termasuk dari lulusan ponpes, dilakukan secara profesional. “Artinya, mereka yang lulus harus benar-benar siap fisik dan mental dan lulus semua tahapan seleksi,” jelas Suyatmo.

TPA catar dr Pesantren

Sementara, untuk catar prodi Operasional Bandara Udara (OBU) yang lolos seleksi dari TPA, wawancara dan pantokir ada 21 orang. Jadi cukup untuk satu kelas. Mereka semua adalah lulusan ponpes khususnya di daerah Jawa Barat seperi Tasikmalaya, Garut, Sukabumi dan lainnya.

Sedang prodi Teknis Pesawat Udara (TPU) yang lulus seleksi ada ada 17 orang yang yang lulus tes ada 14 orang. Mulai tahun depan, STPI akan mendidik taruna dari lulusan ponpes.

“Target kami, mereka nanti dapat memenuhi kuota masing-masing satu kelas. Pihak STPI akan segera berkoordiansi dengan pihak ponpes di Jabar untuk bisa memenuhi kebutuhan catar tersebut,” papar Suyatmo.

Dia menambahkan, rencana seluruh catar dari luliusan ponspes harus sudah selesai seleksi dan bisa masuk kampus STPI pada Maret 2018.

“Paling lambat, Maret 2018 sudah masuk kampus. Khusus taruna penerbang akan menjalani diklat di BPPP Banyuwangi, Jatim. Sedang catar dari prodi lainnya (TPU, OBU) akan menjalani diklat di STPI Curug,” tegas Suyatmo.(helmi)