Angkasa Pura 2

TKBM Pelabuhan Tanjung Priok Siap Laksanakan Mogok Nasional 4 Desember

DermagaRabu, 29 November 2017
20170510_164606-600x400-553x400-600x400

JAKARTA (BeritaTrans.com)
- Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Priok siap mengikuti aksi mogok nasional 4 Desember 2017 sesuai hasil kesepakatan rapat koordinasi Tim Eksistensi Koperasi TKBM, Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia (FSPTI) /Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (FSPMI) dipimpin Ketua Inkop TKBM Sugito, 7 November 2017.

Hal itu ditegaskan Ketua Forum Komunikasi Serikat Pekerja/ Buruh (FKSP/SB) TKBM Pelabuhan Tanjung Priok yang menghimpun 5 SP, Mawi Rohani kepada BeritaTrans . com di Jakarta , Rabu (29/11/2017).

Seperti diberitakan aksi mogok nasional 4 Desember 2017 dipicu kebijakan pemerintah akan mengeluarkan SKB 3 Menteri (Menhub, Menakertrans dan Menkop) yang intinya pengelolaan TKBM di pelabuhan tidak lagi dimonopoli Koperasi TKBM tapi terbuka kesempatan bagi badan usaha lain.

Mawi mengatakan TKBM sudah membantu kelancaran bongkar muat di pelabuhan puluhan tahun. “Selama ini kami tidak berbuat macam macam . Sekarang kita mau diusik menghadirkan pesaing. Ya pasti kita tolak.”

20171129_130937-600x400

Menanggapi sikap TKBM Pelabuhan Tanjung Priok ikut meramaikan aksi mogok nasional, Wakil Ketua DPW Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) DKI, H Sodik Hardjono mengatakan mogok adalah hak pekerja/buruh.

Namun menurut Sodik, aksi mogok tidak baik bagi semuanya. Kalau mogok berarti TKBM juga tidak dapat uang karena tidak kerja dan kelancaran bongkar muat barang di pelabuhan juga terganggu.

Menanggapi rencana pemerintah memberi kesempatan pada badan usaha lain dalam mengelola TKBM di pelabuhan, Sodik berpendapat kebijakan tersebut baik bagi semua.

“Bagi Perusahaan Bongkar Muat (PBM)/ pemilik barang bisa memilih TKBM mana yang kinerjanya terbaik, bagi TKBM juga bisa memilih pengelola mana yang memberikan kesejahteraan lebih baik.

Selain itu, kata Sodik, dengan adanya badan lain mengelola TKBM — selain koperasi sudah ada–, tentu akan terjadi persaingan sehat antar pengelola TKBM untuk berlomba lomba meningkatkan pelayanan.

Menurut pemantauan BeritaTrans.com rencana mogok nasional TKBM 4 Desember 2017 bukan sekedar gertakan.

Pasalnya, DPP FSPTI dan DPP FSPMI sudah mengeluarkan instruksi kepada DPD/DPC masing masing untuk mempersiapkan aksi mogok nasional.

Ketua DPP FSPMI Sutrisno dihubungi terpisah mengakui sesuai kesepakatan rapat kordinasi dengan Inkop, Tim Eksistensi Koperasi TKBM dan FS PMI/FSPTI mogok nasional digelar 4 Desember 2017. “Persyaratan mogok sudah kita penuhi sesuai UU dan peraturan”, katanya. (wilam)

loading...