Angkasa Pura 2

Rakor Unit Pengendalian Gratifikasi Disempurnakan dengan Teken Komit Penerapannya

SDMKamis, 30 November 2017
IMG-20171130-WA0062

IMG-20171130-WA0051

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Rapat Koordinasi Unit Pengendalian Gratifikasi (Rakor UPG) Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disempurnakan dengan penandatanganan komit penerapan pengendalian gratifikasi di lingkungan Kemhub.

Menurut Irjen Kemhub Satrio Wahju Utomo (Tommy) penandatanganan dilaksanakan oleh 29 Koordinator UPG Kemhub seluruh Indonesia.

“Rakor ini bertujuan mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme serta untuk meningkatkan pencegahan dan pengendalian gratifikasi di lingkungan Kemhub,” tegas Tommy di Tangerang.

Kegiatan 28-30 November ini kata dia, juga untuk meningkatkan pemahaman pengendalian gratifikasi dan berkesinambungan pelaksanaan pengendalian gratifikasi di lingkungan Kemhub.

IMG-20171130-WA0057

“Pembentukan UPG di lingkungan Kemhub sangat penting, bahkan kedepan diharapkan di setiap UPT memiliki UPG agar memudahkan pelaporan secara langsung,” tuturnya.

Dia juga menyampaikan bahwa pengaduan yang masuk tentang pungli oleh oknum mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat.

Pihaknya mengirimkan tim investigasi sebagai tindak lanjut pengaduan masyarakat ke daerah yang mengirimkan pengaduan langsung. Aa 30 jabatan rawan yang sudah dipantau oleh KPK sebagian besar adalah Unit dari Ditjen Perhubungan Laut.

“Kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pengawasan adalah kurangnya auditor, maka ke depan memprioritaskan terhadap UPT yang melaksanakan Proyek Strategis Nasional, proyek-proyek yang mangkrak dan menyelesaikan beberapa audit yang harus diselesaikan bersama dengan KPK,Bareskrim dan Kejaksaan,” kata Tommy.

Tommy berpesan, agar seluruh Korwil UPG membangun kesadaran dalam menjalankan sistem pelaporan gratifikasi dengan semudah-mudahnya bagi pelapor agar Kemhub bebas KKN dan menjalankan fungsi Good Governence. (omy)

loading...