Angkasa Pura 2

Begini Aturan Pemasangan Knalpot Kendaraan Bermotor

Koridor OtomotifSabtu, 2 Desember 2017
Knalpot kendaraan

JAKARTA (Beritatrans.com) – Knalpot mobil berfungsi sebagai saluran pembuangan gas sisa-sisa hasil pembakaran mesin. Termasuk didalammya untuk meredam suara dari pembakaran itu.

“Kondisi knalpot harus diperhatikan, sebab bila tidak terawat dengan baik, suara atau asapnya bisa menimbulkan polusi yang mengganggu lingkungan,” sebut akun @kemenhub151 yang dikutip Beritatrans.com di Jakarta, Sabtu (2/12/2017).

Sistem pembuatan gas dan suara kendaraan pun harus mengijuti aturan UU, sekaligus juga menghormati pengguna jalan yang lain.

Berikut ini syarat-syarat sistem pembuangan atau knalpot mobil tersebut, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 55/2012 tentang Kendaraan.

Syarat-syarat itu meliptui:

1. Sistem pebuatan minimal terdiri atas manifoid, peredam suara dan pipa pembuangan.

2. Sistem pembuangan harus: dirancang dan dibuat dari bahan yang cukup kuat, arah pipa pembuangan dibuat dengan posisi yang tidak mengganggu penguna jalan lain, asap hasil pembuangan tidak mengarah pada tangki bahan bakar atau roda sumbu belakang mobil, pipa pembuangan tidak melebihi sisi samping atau sisi belakang kendaraan.

3. Pipa pembuangan harus diarahkan ke atas, belakang, atau sisi kanan di sebelah belakang dengan asudut kemiringan tertentu terhadap garis tengah mobil.(helmi)