Angkasa Pura 2

Berat dan Sulitnya Medan Harus Dilalui Untuk Distribusikan BBM Satu Harga

Dermaga Energi KoridorSenin, 4 Desember 2017
DQCH5tLVwAIwkAx

JAKARTA (Beritatrans.com) – Program BBM Satu Harga merupakan komitmen Pertamina menyalurkan BBM hingga pelosok Tanah Air.

Ratusan titik penjualan  BBM satu harga berhasil dijangkau dan dilayani Pertamina. Termasuk ke daerah pelosok, terpencil, terdepan dan terluar Indonesia.
 
Yang terbaru, sebut  @Pertamina kembali meresmikan Program BBM satu Harga di Sumatera Bagian Utara, yaitu di SPBU Kompak 16.228.023 Kab. Nias Barat & SPBU Kompak 16.253.121 Kab. Kepulauan Mentawai.

Seperti diketahui, untuk mendistribusikan BBM sampai ke Nias dan Mentawai, Pertamina harus menggunakan   berbagai moda transportasi dan tentunya dengan tantangan dan hambatan yang tidak kecil.

iuZcB7R7bBbQYeGg

Jika BBM dipasok dari Kilang Cilacap  atau Kilang Balongan Indramayu,  maka harus dikirim dengan kapal tanker ke Depo Teluk Bayur, Sumatera Barat atau Depo Sibolga Sumatera Utara.

Sementara jika BBM dipasok dari Kilang Plaju, diangkut dengan truk tangki BBM dan harus melintasi jalan lintas barat Sumatera dengan  tanjakan dan kelokan di sepanjang Bukit Barisan.

Dari kedua depo tersebut, BBM harus dikapalkan ke Nias dan atau Mentawai di sisi barat Sumatera. Sementara, jalan darat di Nias dan Mentawai kondisi beragam, mulai yang baik sampai rusak, berlubang bahkan harus melintasi jembatan kayu  dengan kondisi memprihatinkan.

Dengan berbagai moda serta perpindahan serta medan yang berat itu, selanjutnya  BBM diteruskan ke SPBU untuk dijual ke masyarakat dengan harga yang sama dengan BBM di Jakarta.(helmi)

loading...