Angkasa Pura 2

Di Depan Mahasiswa Banten, Kepala BPSDMP Kampanyekan Pendidikan Transportasi Berkarakter Industri

SDMSenin, 4 Desember 2017
IMG-20171204-WA0021

SERANG (Beritatrans.com) – Kepala Badan Pengembangan SDM Perhuhungan (BPSDMP),  Kementerian Perhuhungan Djoko Sasono  mengatakan, pihaknya mengembangan sistem pendidikan dan latihan (diklat) transportasi  berkarakter industri.

BPDMP dengan seluruh UPT Diklat transportasi membuka dan melayani diklat vokasi transportasi dari berbagai matra yang ada. Mulai matra laut, darat, udara serta kereta api  (KA).

“Mulai perencanaan diklat, saat magang kerja dan bahkan  setelah lulus mereka harus siapdan sesuai dengan  kerja di sektot industri. Mereka juga harus mempunyai kompetensi sesuai kebutuhan industri. Jadi, konsep link and match akan lebih dioptimalkan lagi,” jelas Djoko.

BPSDMP dengan 27 UPT diklat siap mendidik dan menyiapkan SDM profesional baik yang akan bekerja di operator transportasi atau di pemerintah sebagai regulator.

Untuk SDM operator,  sebut Djoko, tentu mereka harus siap dan menguasai  bidang tugasnya dengan baik.  Sekolah-sekolah transportasi BPSDMP sudah mampu dan siap mendidik SDM ahli bidang transportasi.

“Semua itu akan disiapkan melalui proses diklat reguler. Sementara, untuk SDM aparatur telah disiapkan berbagai jenis diklat penjenjangan bahkan sampai PIM I,” urai  Djoko di depan mahasiswa  UIN Sultan Maulana Hasanudin,  Serang, Baten.

Bisa Menjadi Pilot atau Nakhoda

Djoko juga menambahkan, kini  putra-putri Indonesia bahkan lulusan UIN Sultan Maulana Hasanudin juga bisa sekolah penerbang menjadi pilot atau nakhoda.

Kalau mau diklat jangka pendek atau short course bidang transportasi juga ada. Bahkan BPSDMP melayani diklat pemberdayaan masyarakat secara gratis.

“Tahun 2018 nanti, BPSDMP mempunyai kuota untuk memberikab diklat pemberdayaan masyarakat gratis sampaib100 orang setahun,”  tegas Djoko.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari