Angkasa Pura 2

Angkutan Laut Nataru, Diprediksi Jumlah Penumpang Naik Dua Persen

DermagaRabu, 6 Desember 2017
IMG-20171206-WA0011

IMG-20171206-WA0016

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Angkutan laut pada masa libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 (Nataru) diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang sebesar dua persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dwi Budi Sutrisno mewakili Dirjen Perhubungan Laut R. Agus H Purnomo pada pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

“Untuk itu kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) pelabuhan agar melaksanakan dengan sebaik-baiknya layanan kepada penumpang,” jelas Dwi.

Penyelenggaraan Rakor ini menurutnya, bertujuan untuk menyamakan pemahaman dan memantapkan koordinasi antar instansi terkait dalam pelaksanaan angkutan laut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 agar dapat berjalan lancar, aman, selamat, tertib, dan nyaman.

Bersamaaan dengan libur Nataru juga libur sekolah. Karenanya Dwi meminta agar seluruh UPT siap siaga dalam melayani angkutan dengan lebih baik lagi.

“Pastikan armada, fasilitas pelabuhan dan infrastruktur lainnya telah memenuhi aspek keselamatan, keamanan dan standar pelayanan yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 37 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Laut,” papar Dwi.

Melalui Rakor ini, diharapkan seluruh instansi terkait dapat berperan aktif saling berkoordinasi dan berdiskusi dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Sehingga penyelenggaraanya dapat berjalan lancar, aman, selamat, tertib dan nyaman serta dapat memenuhi harapan masyarakat,” tutur dia.

Selain Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Ditjen Hubla, Rakor juga dihadiri instansi/stakeholder terkait antara lain PT. Pelindo I s.d. IV, PT. Pelni, PT. ASDP Indonesia Ferry, DPP INSA, BMKG, BASARNAS, TNI-AL, dan perwakilan dari perusahaan pelayaran. (omy)

loading...