Angkasa Pura 2

Jelang Natal dan Tahun Baru, KSOP Muara Angke: Aturan Keselamatan  Akan Ditegakkan Secara Konsisten

Dermaga Destinasi SDMRabu, 6 Desember 2017
images-2

BANDUNG (Beritatrans.com) – Kepala Kantor Kesyahbandara dan Otoritas Pelabuhan  (KSOP) Muara Angke Jakarta Utara  Capt. Wahyu Prihanto mengaku siap melayani arus mudik Natal dan Tahun Baru 2018.

Mereka itu umumnya para wisatawan lokal dan asing yang akan berlibur  atau warga pulau yang akan pulang ke Kepulauan Seribu,  di daerah Teluk Jakarta.  Keselamatan mutlak dan harus dipenuhi sebelum berlayar.

“Kita sudah siapkan antisipasi, memeriksa kapal dan SDM operatornya. Yang pasti,  aturan keselamatan  akan ditegakkan secara konsisten sebelum mengeluarkan SPB  (surat persetujuan berlayar),” kata Capt Wahyu disela-sela Rakernis KPLP di Bandung, Rabu (6/12/2017).

Menurutnya, seluruh kapal yang membawa penumpang dan berlayar melalui Muara Angke akan diperiksa dan dipastikan memenuhi aspek keselamatan. “Jika tidak, SPB tidak akan diberikan,” jelas Capt Wahyu.

Peduli Keselamatam

Selain, kepada warga masyarakat khususnya yang akan menyeberang ke Kepulauan Seribu juga harus sadar dan peduli pada keselamatan.

“Jika kapal tak laik laut dan membahayakan keselamatan harus berani mempertanyakan bila perlu menolak. Selain itu, penumpang harus sadar dan mengenakan life jacket sebelum dan selama pelayaran demi keselamatan,” kilah Capt. Wahyu.

Memang tak ada orang  yang mau celaka. Oleh karena itu, tambah Capt. Wahyu,  semua pihak harus peduli pada keselamatan. “Keselamatan adalah tugas kita bersama. Lebih baik berhati-hati daripada nanti celaka,” tegas Capt. Wahyu.(helmi)