Angkasa Pura 2

Pilot dan Maskapai Harus Jaga Keselamatan Penerbangan

Bandara Kokpit SDMRabu, 6 Desember 2017
IMG-20170907-WA0025

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso menegaskan bahwa pilot dan maskapai penerbangan harus dengan aktif menjaga keselamatan penerbangan Indonesia.

Menurutnya, Indonesia sudah dengan maksimal mengupayakan dan memperbaiki pemenuhan keselamatannya, hingga diakui dunia dengan mendapatkan nilai efektif implementasi luar biasa sebesar 81,15 % dalam audit USOAP ICAO pada Oktober 2017.

“Diinstruksikan kepada seluruh maskapai agar menerapkan aturan sehingga seluruh SDM dan air crew yang dikelolanya comply terhadap regulasi yang berlaku,” ujar Agus di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Ditjen Perhubungan Udara, dikatakannya, secara berkesinambungan akan melakukan pengawasan/surveillance dan Ramp Check keseluruhan bidang terkait penerbangan.

“Khusus narkoba juga terus diawasi, terutama menjelang angkutan natal dan tahun baru, Ramp Check khusus ini akan dilakukan oleh para Inspektur/Dokter Penerbangan dari Balai Kesehatan Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara,” ungkapnya. (omy)