Angkasa Pura 2

BPTJ: 15 Bus Ikut Uji Coba LKAU Umum Dari Cikampek ke Jakarta

Aksi Polisi KoridorKamis, 7 Desember 2017
images-15

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sebanyak 15 bus jalan beriringan di ruas tol Cikampek – Jakarta pada ujicoba Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU). Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama Korlantas, Jasamarga, Pemerintah Kota Bogor dan para operator bus mengadakan ujicoba bersama lajur khusus angkutan bus di ruas jalan tol Cikampek.

Uji coba ini mulai dari gerbang Tol Bogor sampai Semanggi rombongan bus yang berangkat Kamis (7/12/2017) pada jam 06.00 WIB akan masuk semua pada lajur 1 dan mendapat pengawalan dari pihak Korlantas Polri.

Ujicoba bersama yang dilaksanakan sejak tanggal 6 hingga 8 Desember 2017 ini bertujuan untuk mensimulasikan jika lajur khusus telah siap, maka lajur khusus nanti hanya akan diisi oleh bus atau angkutan umum saja.

“Selain itu, ujicoba bersama penggunaan lajur khusus ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa akan ada lajur khusus yang memang dedicated untuk angkutan umum. Jadi mobil pribadi dan mobil lainnya tidak boleh masuk di lajur tersebut,” ujar Kepala BPTJ Bambang Pri saat turut serta dalam rombongan bus uji coba tersebut.

Ujicoba melalui simulasi jalan beriringan angkutan umum di tol pada lajur 1 diawali dengan pemberangkatan bus dari Botani Square dan dari Terminal Baranangsiang pada pukul 06.00 WIB. Kemudian bus-bus tersebut bertemu di GT. Bogor jam 06.05 WIB dan siap dikawal oleh mobil patroli Polisi dan ditutup dengan mobil operasional BPTJ.

“Dipersilahkan kepada seluruh angkutan umum yang bertemu di tol untuk bergabung dalam iring-iringan tersebut. Dinas Perhubungan Kota Bogor akan mengkoordinasikan bus-bus dari wilayah lain untuk bisa bergabung dalam iringan bus pada saat pengawalan,” ujar Bambang Pri dalam siaran pers yang diterima Beritatrans.com.

Dalam ujicoba tersebut, bus akan bergabung adalah 2 bus Damri di Botani (TransJabodetabek Premium dan Bandara), 3 bus reguler dr Terminal Baranangsiang (seperti bus Anugrah Mas, Lorena dan Kramat Jati), 1 bus Sinar Jaya dari Ciawi, 3 bus Anugrah Mas dari Ciawi, 4 bus Sinar Jaya dari Bubulak via Sentul Selatan, 1 bus Damri dari Sentul Selatan, dan 1 bus Damri dari Cibinong via Sentul Sirkuit. (helmi)