Angkasa Pura 2

Cris Kuntadi Tularkan Semangat Anti Korupsi

Figur SDMKamis, 7 Desember 2017
IMG-20171207-WA0017

IMG-20171207-WA0016

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Staf Ahli Menteri Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi menularkan semangat anti korupsi pada tiap pelaksanaan tugas dan fungsi, serta pelayanan di Bidang Kepabeanan dan Cukai saat menjadi narasumber di Kantor pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta.

Acara yang dihadiri seluruh pegawai Bea-Cukai Soekarno Hatta dan Otoritas Bandara Soekarno Hatta itu, sekaligus dalam rangka memeringati Hari Anti Korupsi.

Dalam paparannya, Cris mengungkapkan, untuk mengurangi kecurangan, harus memanajemen apa yang akan dilakukan. Cara penyampaian kata-kata saat melayani juga menjadi perhatian, agar menggunakan bahasa positif bukan negatif.

“Kita sebagai penyedia jasa harus memberikan pelayanan yang baik tak terkecuali dalam bertutur,” kata Cris kepada BeritaTrans.com, Kamis (7/12/2017).

Menurutnya, terdapat beberapa konsep manajemen yang dapat dilakukan seperti out of the box. Apa yang dilakukan jangan hanya rutinitas yang selalu sama seperti yang sebelumnya tetapi harus berfikir modern tentang pengembangan dan apa yang akan terjadi di masa mendatang.

“Selain itu pola pikir kita harus sama dengan customer, sehingga apa yang kita lakukan itu mendapatkan manfaat dan hasil,” ungkapnya.

Pengendalian merupakan kunci untuk mengurangi kecurangan yakni mencegah untuk melindungi masa depan, mendeteksi dan menindaklanjuti kecurangan.

“Jangan sampai kecurangan tidak ditindak, karena dapat menyebabkan dampak yang bahaya dan meluas,” imbuh Cris.

Untuk menyelesaikan tindakan kecurangan, maka seluruh personel harus menjaga integritas. Bila integritas terjaga, maka kasus kecurangan, korupsi dan sebagainya dapat terselesaikan.

“Kasus kecurangan atau fraud yang dapat merugikan keuangan negara maupun pribadi maka kita harus melakukan pengendalian,” pungkasnya. (omy)