Angkasa Pura 2

Jelang Nataru 2018, Jajaran Direktorat KPLP Siagakan Kapal dan Personel di Seluruh Pangkalan PLP

Dermaga SDMKamis, 7 Desember 2017
IMG-20171206-WA0030

kapal kplp

BANDUNG (Beritatrans.com) – Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut (Hubla), Kementerian Perhubungan (Kemhub) Marwansyah mengatakan, pihaknya menyiapkan seluruh personel dan kapal patroli untuk ikut menjaga dan mengamankan mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018.

“Seluruh kapal dan personel pendukungnya kami siapkan. Mereka telah siap mendukung keberhasilan mudik akhir tahun 2017 terutama di daerah-daerah yang menjadi tujuan mudik Natal dan Tahun Baru 2018 nanti,” kata Marawansyah disela-seka Rakernis KPLP 2017 di Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/12/2017).

Seluruh jajaran KPLP tentu siap dan sangat mendukung keberhasilan mudik Natal dan Tahun Baru 2018 nanti. Tapi, menurut Marwansyah, fokus kesiapsiagaan KPLP di beberapa titik yang menjadi fokus pemudik, seperti Batam, Belawan, dan daerah Indonesia timur, seperti Makassar, Manado, Ambon, Sorong, Biak, Jayapura, Merauke, NTT dan lainnya.

Untuk mengamankan daerah tersebut, papar Marwansyah, seluruh Pangkalan PLP dan seluruh SDM dan kapal patroli akan disiapkan. “Mereka kini terus berpatroli mengamankan wilayah laut Indonesia. Tapi, saat mudik nanti akan dioptimalkan lagi. Jika terjadi kasus dan butuh bantuan, personel KPLP sudah siap dikerahkan ke lokasi,” aku putra Aceh itu lagi.

Dalam ritual mudik akhir tahun 2017 nanti, terang Marwansyah, pihak KPLP hanya menjadi pihak pendukung saja. Namun, pihaknya akan bekerja optimal sekaligus siap menjaga dan mengamankan wilayah perairan Indonesia.

Perjalanan mudik Natal dan Tahun Baru 2018 ke berbagai daerah di Indonesia harus makin baik, selamat, aman dan lancar. “Semua ini menjadi bagian tupoksi jajaran KPLP di seluruh Tanah Air untuk menyukseskannya,” tandas Marwansyah.

Seperti diketahui, saat ini ada beberapa Pangkalan PLP yang menjadi prioritas penugasan selama Natal dan Tahun Baru 2018. Mereka itu mulai Pangkalan PLP di Belawan, Batam dan Tanjung Uban, Jakarta, Surabaya, Makassar, Ambon, serta Tual, Maluku Tenggara.(helmi)