Angkasa Pura 2

Pelni Siagakan 26 Kapal Untuk Layani Mudik Nataru

DermagaSabtu, 9 Desember 2017
Akhmad-Sujadi

MALANG  (Beritatrans.com) – Manajemen PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyiapkan 26 unit kapal berbagai ukuran dan tipe untuk melayani arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018.

“Kapal tersebut disiapkan di berbagai home based di Tanah Air. Untuk Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ada 6 kapal baik tujuan wilayah barat seperti Batam, Kijang da Belawan,” kata Manager Humas dan CSR Pelni Akhmad Sujadi menjawab Beritatrans.com disela-sela Media Gathering Pelni di Malang, Jumat (8/12/2017) malam.

Selain itu, lanjut dia, kebanyakan kapal Pelni justru siaga di berbagai daerah di kawasan timur Indonesia mulai Surabaya, NTB, NTT, Makassar, Balikpapan, Nunukan,  Menado, Ambon sampai Papua dan Papua Barat.

Kapal Pelni siap melayani warga masyarakat yang akan mudik ke Jawa atau sebaliknya kembali ke tempat kerja semula. Pelnu siap mendukung program mudik Nataru 2017 khususnya moda angkutan laut.

Buka Posko

Dikatakan, Posko Pelni akan dibuka mulai tanggal 18 Desember 2017 sampai 22 hari berikutnya. “Posko Mudik Nataru 2018 akan dibuka di beberapa pelabuhan besar dan banyak potensi penumpang kapal laut yang dilayani Pelni,” jelas Sujadi.

Mengantisipasi lonjakan arus mudik Nataru 2018, menurut Sujadi, Pelni mendapatkan dispensasi untuk mengangkut penumpang sampai 130%  atau 30%lebih besar dibandingkan kapasitas normal.

Namun begitu, Sujadi menambahkan, Pelni akan  mengoperasikan kapal-kapalnya dengan standar keselamatan dan keamanan yang tinggi.

“Kapal-kapal Pelni yang akan dioperasokan saat mudik Nataru 2018 dipastikan memenuhi syarat kelaiklautan serta didukung SDM yang profesional di bidangnya,” tegas Sujadi.(helmi)