Angkasa Pura 2

Disubsidi, Tarif LRT Palembang Dipatok Rp5.000 Per Orang

EmplasemenSenin, 11 Desember 2017
Menhub LRT2

PALEMBANG (Beritatrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan tarif Light Rel Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) akan dipatok dengan tarif Rp5.000 per orang, dengan skema subsidi dari Pemerintah.

Menhub Budi Karya menambahkan bahwa untuk Palembang, tarif akan ditentukan sama dengan angkutan kota, karena jika tidak, maka masyarakat tidak akan mau pindah ke LRT.

“Tarif Rp.5.000 itu pasti subsidi. Simulasinya akan kita detailkan dan akan kita bagikan ke publik bagaimana kita menetapkan tarif tersebut. Sosialisasi sekarang dilakukan oleh Pemda, kontraktor, Balai Perkeretaapian dan PT. KAI,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam siaran pers di Jakarta, Senin (11/12/2017).

Proyek LRT Palembang dipeoyeksikan menjadi salah satu pembangun nfrastruktur unggulan dan asip digunakan sebelum perhelatan Asian Games di Jakarta dan Palembang dimulai.

Pada saat event olah raga bangsa-bangsa Asia itu, LRT Palembang sudah selesai dan bisa dioperasikan. Dengan begitu, seluruh kepentingan para atlet dan kontingan Asian Games bisa menggunakan LRT yang masig baru tersebut.

Digunakan Altet dan Masyarakat

Selain itu, Menhub berharap pada saat ASIAN Games, LRT ini bisa juga digunakan oleh masyarakat Idnoedia, khususnya Palembang, Sumsel. Jadi, bukan hanya atlet nasional dan mancanegara yang bisa menggunakan LRT tersebut.

Untuk itu, menurut Menhub, data jumlah atlet yang akan hadir di Palembang dan mobilisasinya selama ASIAN Games harus segera ada kejelasan.

“Harapan saya mestinya pada saat ASIAN Games, LRT ini dapat digunakan masyarakat dan atlet secara bersamaan. Tapi hal ini akan kita lihat dan dikaji. Makanya informasi tentang jumlah dan kapan kedatangan para atlet itu penting agar dapat dikalkulasi,” tandas Menhub.(helmi)