Angkasa Pura 2

Pelni Genjot Kinerja dan Pelayanan Kapal Tol Laut di 2018

DermagaSenin, 11 Desember 2017
IMG-20171210-WA0016

Tol-Laut

MALANG (Beritatrans.com) – Manajemen PT Pelni komit menggenjot kinerja dan pelayanan kapal-kapal tol laut di tahun 2018. BUMN ini siap all out mendukung program kerja Pemerintahan Jokowi-JK untuk membangun konektivitas dan menekan disparitas harga barang dan jasa di Tanah Air.

“Pelni berharap akan kembali dipercaya pemerintah menjadi operator kapal tol laut. Apalagi tahun 2018 trayek tol laut akan ditambah menjadi 15 trayek dari sebelumnya 13 trayek,” kata Sekretaris Perusahaan PT Pelni Didik Dwi Prasetyo kepada pers di Malang, kemarin.

Selama tahun 2017, lanjut dia, Pelni melayani 7 trayek tol laut. Sedang volume barang yang diangkut mencapai 15.000 teu’s lebih. Tahun depan, ditargetkan naik menjadi 23.000 teu’s lebih.

Dikatakan Didik, dalam kontrak kerja tol laut ke depan, para operator termasuk Pelni harus meningkatkan volume angkutan barang dari daerah. “Arus barang dari daerah masih kecil baru mengisi sekitar 20% dari space kapal yang ada. Kedepan harus ditingkatkan sampai lebih dari 50%,” jelas dia.

“Ini tantangan bagi jajaran Pelni bagaimana berkoordinasi dan bersinergi dengan semua komponen masyarakat seperti Pemda, Kadin, ALFI di daerah serta lainnya. Bagaimana mereka mampu mengisi ruang kapal tol laut dari daerah ke Jawa bahkan diekspor,” papar Didik.

IMG-20171209-WA0038

Harapan serupa juga disampaikan Kacab Pelni Larantuka, NTT Bambang Kusdianto. “Kita jajaran Pelni di daerah diberi target untuk bisa mengisi space angkutan balik kapal-kapal tol laut,” kata Bambang menjawab Beritatrans.com.

Dikatakan, Pelni Larantuka NTT akan makin aktif menjalin kerja sama dengan Pemda, Kadin dan pelaku usaha lokal NTT. Banyak produksi lokal NTT khususnya ikan yang sudah diekspor ke mancanegara.

“Sedikitnya ada lima perusahaan perikanan di Larantuka yang kini memanfaatkan kapal tol laut untuk mengirimkan barangnya terutama ikan Cakalang ke Surabaya sebelum diekspor ke Jepang dan AS,” sebut Bambang.

Ditambahkan Bambang, seluruh jajaran Pelni terutama yang dilalui kapal tol laut diminta bekerja lebih keras lagi. Bagaimana memanfaatkan space kapal tol laut terutama mengangkut komoditas dari daerah ke Jawa bahkan ke pasar ekapor,” tandas Bambang.(helmi)

loading...