Angkasa Pura 2

Alihkan Pengguna Mobil Pribadi, BPTJ Siapkan Angkutan Umum Kelas Premium

KoridorSelasa, 12 Desember 2017
IMG-20171212-WA0008

IMG-20171212-WA0007

BEKASI (Beritatrans.com) – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Kementerian Perhubungan (Kemhub) Bambang Prihartono berharap, bus Transjabodetabek Premium mampu mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum, termasuk dari Bekasi.

“Fasilitas bus Transjabodetabek Premium sama dengan mobil pribadi. Kita berharap, mereka yang biasa menggunakan mobil pribadi dan menambah kemacetan di Jakarta mau beralih ke angkutan umum,” kata Bambang Pri, saat melepas keberangkatan bus Transjabodetabek Premium dari Grand Dhika, Bekasi, Selasa (12/12/2017) pagi.

BPTJ bersama operator transportasi termasuk Perum PPD akan terus menambah layanan transportasi kelas premium di Jabodetabek ini. Secara perlahan, penggunaan kendaraan pribadi akan dikurang. “Caranya dengan menyiapkan layanan angkutan umum kelas premium dan siap melayani pada jam-jam sibuk setiap hari,” jelas Bambang Pri lagi.

Bus yang dioperasikan Perum PPD, lanjut pejabat Kemhub itu, sudah memenuhi kelas premium. Mereka juga akan melintas di Lajur Khusus Angkutan Umm (LKAU) di sepanjang tol dari Bekasi sampai ke depan Polda Metro Jaya di Semanggi.

“Jadi sangat nyaman dan bisa mengurangi kemacetan. Dalam SOP kami, waktu tempuh bus Transjabodetabek Premium ini kurang dari 1,5 jam. Pengguna jasa bisa menyesuaikan dengan agenda kerja dan jam kantor masing-masing,” jelas Bambang Prio didampingi Dirut Perum PPD Pande Putu yasa itu.

Dengan harga tiker Rp25.000 per orang, orang bisa menikmati layanan bus premium itu. Bus tersebut mempunyai kualifikasi premium, seperti AC, full music, wifi, recycling seat dan lainnya.

Putu Yasa menambahkan, bus Transjabodetabek Premium dioperasikan oleh SDM berkualitas, baik pramudi dan asistennya. “Mereka sudah didiklat di BP2TD Bali. Mereka memang dipersiakan sebagai awak angkutan umum yang smart dan siap melayani,” katanya menegaskan.(helmi)