Angkasa Pura 2

Menhub: Hasil Ramp Chek Pra Nataru 50% Kendaraan Tak Laik Jalan

Koridor OtomotifRabu, 13 Desember 2017
DQ6IuDcX4AEt-t3

IMG-20171213-WA0013

JAKARTA (Beritatrans.com) – Menjelang arus mudik Natal dan tahun Batu (Nataru) 2018, papar Menhub, jajaran Ditjen Hubdat Kemhub sudah turun lapangan melakukan ramp check. Hal itu untuk memastikan semua kendaraan yang akan dioperasikan baik dan memenuhinasek keselamatan jalan.

“Tapi, laporan hasil ramp check sebelum Nataru 50% kendaraan yang diuji tidak memenuhi syarat,” jelas Memhub Budi Karya Sumadi usai memberikan keynote speech pada satu seminar tentang Jembatan Timbang di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Kondisi tersebut, lanjut dia, harus menjadi perhatian semua pihak. Bagai aparatKemjhub baik di pusatatau daerah, diminta bersikap tegas. Jangan sampai bermain-main dengan keelamatan.

“Jika ada kendaraan yang tak laik jalan, jangan diizinkan beroperasi untuk mengangkut penumpang. Pastikan, mereka sudah diperbaiki sesuai ketentuan yang ada,” sebut Menhub.

Bagi operator atau pemilik kendaraan, terang Menhub, harus konsisten dan memberikan pelayanan transportasi umum yang terbaik.

“Syarat minimal keselamatan dengan idkator lulus uji KIR harus dilakukan. Jika tal lolos uji KIR, jangan dioperasikan daripada nanti disuruh kembali ke pool,” kilah Menhub.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemhub Budi Setiyadi menbgatakan, pihaknya akan melakukan ramp check sebelum Angkuttan Naratu 2018. Objeknya bukan hanya kendaraan angkutan penumpang, tapi jug angkutan barang.

Pemerintah harus hadir dan meastikans emua armada angkutan uymum barang dan penumpang baik dan memenuhi syarat kelaikan jalan.

“Hal itu perlu, untuk memberikan jaminan kepastian keselamatan jalan ke masyarakat, terutama saat mudik Nataru 2018 mendatang,” tandas Budi Setiyadi.(helmi)