Angkasa Pura 2

Puncak Arus Mudik, Menhub Imbau Masyarakat Tak Pulang H-l Natal

Bandara Dermaga Emplasemen KoridorRabu, 13 Desember 2017
IMG-20171213-WA0015

JAKARTA (Beritatrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau pada pemudik agar memilih waktu mudik pada tanggal-tanggal sebelum Natal, untuk menghindari kemacetan jika mudik pada tanggal H-1 Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018 mendatang karena diperkirakan merupakan puncak arus mudik.

Dikatakan, terkait rencana mudik Nataru 2018 ada beberapa hal yang akan dilakukan Kementerian Perhubungan dalam persiapan libur natal dan tahun baru 2018. Hendaknya  bisa memilih waktu mudik yang tepat dan tidak dalam waktu bersamaan.

“Sebagai contoh, ada tanggal 22,23,24 itu adalah waktu-waktu kritis, di mana natalnya tanggal 25, orang mulai libur itu tanggal tersebut. Saya pikir kita harus melakukan suatu koordinasi yang baik. Saya menyarankan pemudik itu pulang lebih awal tanggal 22 kalau itu. Tidak tersebar dan bertumpuk di tanggal 24. Tanggal 24 dipastikan macet sekali,” kata Menhub Budi Karya  di Kemhub  Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Selain itu, Menhub  didampingi Dirjen Perhubungan Darat lrjen Budi Setiyadi mengimbau agar pengendara terlebih dahulu melakukan ramp check pada angkutan umum. Sebab, hanya ada 50 persen angkutan umum yang sehat dan layak jalan.

“Mengacu pada hasil ramp check yang dilakukan pra Natal,  hasilnya kurang menggembirakan. Lebih dari 50% kendaraan yang diuji tak laik dan kasus itu tak boleh terjadi saat mudik Nataru nanti,” kata Menhub memberi alasan.

Putra Palembang Sumsel itu juga meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) dan kepolisian untuk melakukan razia bagi kendaraan-kendaraan yang tidak laik.

“Bersamaan juga kita lakukan ramp check tapi karena waktunya pendek mungkin ramp check tidak bisa dilakukan semuanya dan dalam kesempatan ini saya juga mengimbau kepada operator yang merasa kendaraannya tidak sehat ya jangan jalan daripada kita suruh pulang,” tandas Menhub.(helmi)

loading...