Angkasa Pura 2

Akhir 2017, BPTJ Targetkan 200 Bus Layani Trayek Baru di Jabodetabek

KoridorKamis, 14 Desember 2017
IMG-20171212-WA0007

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan, pihaknya menargetkan paling tidak ada 200 bus JA Connexion, JR Connexion dan bus Transjabodetabek Premium akan dioperaskan sampai akhir tahun 2017.

“BPTJ bekerja sama dengan operator termasuk Perum Damri dan Perum PPD serta PO swasta akan melayani trayek tersebut. Tujuannya mengalihkan pengguna mobil pribadi ke angkutan umum sehingga bisa menekan tingkat kemacetan lalu lintas yang ada sekarang,” kata Bambang Pri, sapaan akrab dia menjawab Beritatrans.com di Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Dikatakan, pokoknya akan ditambah terus. Setiap pekan ada trayek baru yang dilaunching. “Armada angkutan umum kelas premium akan ditambah lagi, tentunya secara bertahap dan disesuaikan dengan dinamika dan kebutuhan di lapangan,” jelas Bambang Pri.

Dia menyontohkan, kemarin baru saja meluncurkan trayek baru Transjabodetabek Premium dari Grand Dhika Bekasi ke Paragon, Jakarta Barat.

Hari ini, papar Bambang Pri, Perum PPD bekerja sama dengan pengola Tamini Square meluncurkan trayek JA Connexion ke Badara Soekarno-Hatta (Soetta).

“Pekan depan, PPD akan kembali membuka trayek Transjabodetabek Premium dari salah satu mall di Cibining, Jawa Barat,” sebut Bambang Pri.

Salah satu tujuan pembentukan BPTJ, menurut Bambang Pri adalah meningkatkana share angkutan umum, dan sebaliknya mengalihkan pengguna mobil pribadi yang justru memicu kemacetan yang parah.

Oleh karena itu, dia menambahkan, BPTJ bersama Pemda DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten akan bersinergi membangun dan memfasilitasi angkutan umum yang baik, nyaman dan selamat.

“Kualitas dan kenyamanan bus Transjabodetabek Premium, JA Connexion dan JR Connexion sama dengan mobil pribadi. Kalau sudah ada angkutan umum yang nyaman, mengapa masih menggunakan mobil pribadi? Sementara, kemacetan di jalan raya makin parah,” tandas Bambang Pri.(helmi)