Angkasa Pura 2

Bangun Infrastruktur Transportasi, Kemhub Dapat Apresiasi dari Organda

KoridorJumat, 15 Desember 2017
Ivan kamadjaja2

JAKARTA (Beritatrans.com) – DPP Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) memberikan apresiasi terhadap Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemhub) yang serius membangun infrastrukture.

“Langkah dan kebijakan ini sudah ke arah yang benar, dan tinggal melanjutan di masa mendatang,” kata Ketua DPP Organda Ivan kamadjaja menjawab Beritatrans.com di Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Sebagai masukan, lanjut Ivan, perlu meningkatkan koordinasi lintas sektoral (moda transportasi). “Apa yang sudah dicapai dan dilakukan saat sudah baik, tapi perlu ditingkatkan,” jelas Ivan.

Dalam hemat Organda, sebagai pelalu usaha, perlu menunjuk satu koordinator (decision maker) di lapangan. “Koordinator ini perlu, mengingat lalu lintas di jalan raya khusunya melibatkan banyak pihak atau lintas sektoral yang mengakomodir kepentingan nasional (bukan ego sektoral).” kilah Dirut Kamadjaja Logistik itu,

Selanjutnya, untuk mencari solusi atas overload khususnya kendaraan angkutan barang, pihak Organda memandang perlu segera direalisasi.

Sebelumnya, Organda mengusulkan agar Pemerintah lenih bijak dan tidak membatasi operasional truk secara ketat. Selanjutnya, pemberdayaan jembatan timbang serta lembaga pengujian kendaraan berkala (Uji KIR) dengan baik dan profesional.

Selaian itu, menurut Ivan, Pemerintah adalah serius dalam penertiban ODOL, karena keberadaan mereka cukup menghambat program tol laut.

Pihak Organda juga mendukung atau support penuh operasional kapal roll on roll off (RO-RO_ dalam menunjang keberhasilan tol laut.

“Selanjutnya membangun sinergi atau mengembangkan multimoda transportasi, dengan tetap mengedepankan pelaku usaha yang ada. Artinya, pengusaha anggota Organda dan anggota Gapasdaf tetap diakomodasikan dengan mengoptimalkan peran dan fungsi masing-masing,” tegas Ivan Kamadjaja.(helmi)