Angkasa Pura 2

Demi Keselamatan, Kapal -Kapal Sungai, Danau Penyeberangan Harus Berlayar Dekat Alur Pelayaran

Dermaga Koridor SDMJumat, 15 Desember 2017
Alur Sungai dan Danau

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kapal sungai dan danau yang sedang berlayar menyusuri alur pelayaran sempit, bila keadaan aman dan memungkinkan maka kapal harus berlayar sedekat mungkin dengan batas alur pelayaran (air pelayaran) yang terletak di sisi kanannya.

Seperti dilansir akun @kemenhub151, “Setiap kapal sungai dan danau yang berada di alur pelayaran telah diatur sedemikian rupa demi kelancaran dan keselamatan pelayaran.”

Bagaimanapun, alat transportasitermasuk angkutan sungai, danau dan penyeberangan harus tetap mengutamakan keselamatan transportasi. Keselamatan itu mutlak dan harus dipenuhi semua operator transportasi, termasuk moda ASDP.

kasus-kasuskecelakaan kapal termasuk kapal-kapal penyeberangan dan danu, harus dihindari. Oleh karena itu, selain aspek kelaikan kapal kemampuan dan kapasitas SDM yang mengoperasikan kapal juga harus memenuhi syarat.

SDM kapal, terutama para nakhoda atau KKM harus memenuhi kualifikasi sesuai yang diatur dalam UU Pelayaran bahkan konvensi IMO yaitu STCW Amandemen Manila, tahun 2010.(helmi)