Angkasa Pura 2

Usulan KNKT, Kemenpar Minta GM Hotel Menyediakan Fasilitas Istirahat Bagi Pramudi Bus Pariwisata

Destinasi Koridor SDMSabtu, 16 Desember 2017
IMG-20171216-WA0017

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) setuju atas usulan KNKT dan berkirim surat kepada para GM dan pengelola hotel untuk menyiapkan fasilitas istirahat  bagi sopir atau pramudi yang membawa wisatawan menginap di hotel yang mereka kelola.

Surat dari Kemenpar tersebut disampaikan atas permintaan dari KNKT. Selama ini, pramudi tak mendapat perhatian dan fasilitas istirahat yang layak dan memungkin mereka beristirahat dengan cukup.

Pramudi mempunyai tanggung jawab yang berat dan harus mengemudi dalam kondisi prima. Dia harus bisa mengantar wisatawan atau tamu-tamu hotel atau objek wisata di berbagai daerah  di Tanah Air.
 
Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono memposting pesan WA dari Kementerian Pariwisata sebagai berikut;

“GM Hotel seluruh Indonesia.
Atas dasar permintaan dari KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transpoirtasi), dalam rangka meminimalisir kecelakaan transportasi akibat kelelahan sopir, dimohon agar setiap hotel dapat menyediakan tempat istirahat bagi para sopir yang membawa/mengantar wisatawan untuk menginap di hotel Bapak/Ibu.

Demikian agar maklum dan terimakasih atas perhatiannya.”

IMG-20171216-WA0015

Atas kebijakan Kemenpar itu, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono  langsung merespon dengan sangat bagus.  “Excellent pak,  kami support sepenuhnya dari sisi keselamatan transportasi.” sebut Soerjanto

Data yang dihimpun  KNKT menyebutkan,  selama ini pihak hotel  atau pengelola objek  wisata  di Indonesia tak memberikan fasilitas tempat istirahat yang cukup dan layak pada pramudi.

Akibatnya, banyak pramudi bus pariwisata yang tidur sembarang, seperti di bagasi bus. Ada juga pramudi yang tidur di tempat terbuka tak jauh dari tempat parkir bus yang dikemudikannya.

“Ini kondisi yang seharusnya  tidak terjadi. Pramui perlu mendapatkan tempat istirahat  yang cukup. Dengan begitu bisa mengantarkan wisatawan dengan selamat. Kelak mereka bisa datang membawa wisatawan lagi,” kilah Soerjanto.

Staf Ahli Menhub Bidang Multimoda Transportasi Chris Kuntadi menambahkan. “Sepantasnya pihak hotel menyediakan fasilitas  untuk pramudi dengan gratis,” tambah Chris.(helmi)

loading...