Angkasa Pura 2

KSOP Muara Angke Kelar Uji Petik 38 Kapal Destinasi Kepulauan Seribu

DermagaMinggu, 17 Desember 2017
IMG-20171217-WA0026

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muara Angke, Ditjen Perhubungan Laut, Capt. Wahyu Prihanto, S.SiT, mengemukakan pihaknya sudah menyelesaikan uji petik 38 kapal.

Kapal-kapal itu, dia mengemukakan merupakan transportasi untuk penumpang dengan rute Dermaga Kali Adem-Kepulauan Seribu. Terbesar merupakan kapal tradisional.

“Kapal yang diuji petik itu termasuk kapal KMP Arwana, KMP Bahari Express 3B, serta kapal penumpang milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta yakni satu Kerapu dan dua Katamaran,” ungkap Wahyu kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Minggu (17/12/2017).

Uji petik tersebut, dia menuturkan dimaksudkan untuk memberikan jaminan awal dalam hal keselamatan pelayaran mengantisipasi lonjakan penumpang saat musim liburan Natal 2017 dan Tahun Baru (Nataru) 2018.

Dia mengutarakan antisipasi Nataru 2018 merupakan bagian dari instruksi Dirjen Perhubungan Laut. “Prinsipnya adalah aspek keselamatan harus dijunjung tinggi. Bapak Dirjen menyatakan kepada kami bahwa lebih baik tidak berlayar daripada tidak pernah sampai ke tujuan,” cetusnya.

Dalam menguji petik kapal, dia menjelaskan KSOP Muara Angke bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. “Kami selalu satu kata dan satu hati bahwa keselamatan pelayaran berada di atas segala-galanya,” ujarnya.

Implementasi keselamatan pelayaran di perairan, dia mengutarakan bekerja sama dengan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Priok Ditjen Perhubungan Laut serta Basarnas.

2017-12-17 21.06.16

2017-12-17 21.06.43

Sedangkan untuk urusan keamanan, dia menuturkan KSOP Muara Angke bekerja sama dengan Polri dan TNI. “Kami membuat posko bersama. Kami guyub, kompak, dan berpedoman kepada semangat kerja, kerja dan kerja,” cetusnya. (dien).

loading...