Angkasa Pura 2

Liburan Tahun Baru, Penumpang Kapal di Kali Adem Diprediksi Naik Hingga 700 Persen

DermagaMinggu, 17 Desember 2017
IMG-20171217-WA0036

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Penumpang liburan Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru 2018 diperkirakan melonjak hingga 700 persen di dermaga Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara.

Prediksi lonjakan sebesar itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muara Angke, Ditjen Perhubungan Laut, Capt. Wahyu Prihanto, S.SiT, mengemukakan berbasis kepada fakta lonjakan arus penumpang setiap akhir tahun.

“Kalau hari biasa hanya sekitar 700 orang, maka saat liburan tahun baru meningkat pesat menjadi sekitar 6.000 orang,” jelasnya kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Minggu (17/12/2017).

Peningkatan pesat tersebut karena derasnya warga yang hendak silaturahmi dan pelancong, yang hendak berlibur ke Pulau Pramuka, Pari, Ujung Harapan, Tidung, Kelapa dan Untung Jawa.

Selama ini, Wahyu mengungkapkan penumpang selalu terangkut oleh 38 kapal yang beroperasi di lintas pelayaran Kali Adem-Kepulauan Seribu.

Berkaitan dengan lonjakan penumpang itu, dia menguatarakan sudah mengundang seluruh operator kapal untuk mengingatkan mengenai aspek keselamatan pelayaran.

“Kami juga mendatangi satu-persatu awak kapal. Memberi pencerahan. Menanamkan terus kesadaran terhadap keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim,” ujarnya.

IMG-20171217-WA0035

Kepada penumpang, Wahyu menjelaskan juga diingatkan untuk ikut berperan aktif dalam menjaga keselamatan pelayaran. Antara lain dengan tidak memaksakan diri bila kapal sudah penuh dan tidak membuang sampah ke laut.

Dalam kaitan keselamatan pelayaran, dia menegaskan penumpang dan kru kapal diwajibkan menggunakan peralatan keselamatan. “Jangan memaksa berlayar bila cuaca buruk. Kami juga tidak akan memberikan Surat Persetujuan Berkayar (SPB) bila satu saja aspek keselamatan pelayaran tidak dipenuhi,” jelasnya. (dien).

loading...