Angkasa Pura 2

2018, Ditjen Hubdat Targetkan Revitalisasi 40 Terminal Tipe A

KoridorSenin, 18 Desember 2017
IMG-20171218-WA0006

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat akan melakukan revitalisasi 40 Terminal Tipe A di tahun 2018. Namun Ditjen Hubdat akan sangat selektif dengan mempertimbangkan berbagai hal agar terminal tersebut bermanfaat secara optimal.

“Target kita akan melakukan revitalisasi 40 Terminal Tipe A tahun 2018 mendatang,” kata Direktur Prasarana Transportasi Darat, Ditjen Hubdat, Kementerian Perhubungan (Kemhub) Ir. Yuyun Wahjuningsih pada acara Focus Group Discussion (FGD) Ditjen Hubdat di Jakarta, Selasa (18/12/2017).

Menurutnya, selama ini beberapa Terminal Tipe A yang diserahkan Pemda ke Ditjen Hubdat kondisinya sangat beragam. Ada yang rusak parah, ada yang rusak sedang. Dan ada pula terminal yang design dan kondisi bangunannya tidak sesuai dengan fungsi utama terminal.

”Ke depan, mereka akan direvitalisasi menggunakan dana APBN bekerja sama dengan para pihak termasuk Pemda. Tapi, status serah terima dan kepemilikan aset tanah dan bangunan terminal harus beres (clean and clear),” kata wanita yang akrab disapa Yuyun itu.

Ada beberapa terminal yang sudah masuk prioritas Ditjen Hubdat untuk segera diravitalisasi. Terminal tersebut dinilai sangat strategis dan bisa meningkatkan konektivitas serta mempercepat arus logistik di Indonesia.

“Dengan revitalisasi peran dan fungsi terminal tersebut, diharapkan bisa mendorong memperlancar arus logistik dan pembangunan ekonomi setempat,” jelas Yuyun.

Bangun Terminal Dan Area Bisnis

Pada kesempatan yang sama, Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno mengaku salut dan setuju dengan program revitalisasi terminal tipe A di berbagai daerah di Indonesia.

“Banyak terminal tipe A yang diserahkan Pemda dalam kondisi yang kurang baik. Akibatnya peran dan fungsi terminal kurang memberikan dampak positif pada warga masyarakat,” kata Djoko menjawab Beritatrans.com.

Salah satu Terminal Tipe A yang akan direvitalisasi itu adalah Terminal Mangkang, Kota Semarang. “Terminal itu sejak dibangun belum dimanfaatkan secara otpimal. Kondisi bangunan serta design-nya kurang tepat.”

“Perlu dilakukan penataan kembali pada Terminal Mangkang Semarang. Ke depan, terminal tersebut bisa dilengkapi dengan area bisnis, bila perlu ruangan yang luas itu bisa disewakan untuk acara-acara seminar, pameran bahkan untuk resepsi pernikahan warga,” papar Djoko.

“Pemanfaatan serupa juga bisa diterapkan untuk terminal tipe A lainnya di Indonesia. Banyak terminal yang belum optimal, sementara infrastruktur itu dibangun dengan uang rakyat. Lahan hibah dari Pemerintah daerah sebaliknya dimanfaatkan sebaik mungkin agar memberikan nilai tambah bagi daerah,” tegas Djoko.(helmi)

loading...