Angkasa Pura 2

DIRJEN HUBDAT ANTISIPASI KEPADATAN DI REST AREA TOL JAKARTA-CIKAMPEK JELANG MUDIK NATARU

KoridorRabu, 20 Desember 2017
Dirjen Budi Setiyadi2

CIKARANG (Beritatrans.com) – Lima hari jelang Natal 2017, pengelola rest area diimbau untuk mengantisipasi kepadatan yang akan terjadi selama periode Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 (Nataru 2017/2018). Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) ingin memastikan rest area bisa berfungsi dengan baik saat puncak arus mudik tiba.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat) saat melakukan pantauan arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama, Rabu (20/12/2017).

“Hari ini, saya sengaja ke rest area (RA) KM 19A untuk melihat persiapan yang telah dilakukan oleh teman-teman pengelola rest area menghadapi peningkatan volume kendaraan selama periode Nataru,” kata Budi Setiyadi.

“Tadi disampaikan bahwa nanti akan dioptimalkan informasi melalui Variable Message Sign (VMS) Mobile sehingga pengemudi bisa tahu sebelum memasuki rest area. Selain itu juga akan ada penambahan petugas jaga di rest area untuk mengatur arus keluar masuk kendaraan sehingga fungsi rest area tetap optimal. Kita juga menghimbau pengguna rest area agar tidak terlalu lama berhenti dan bergantian dengan pengguna yang lain,” jelas Dirjen Budi.

Selain di Rest Area KM 19A, pihak Jasa Marga juga akan mengoptimalkan lokasi Parking Bay (PB) sebagai alternatif lokasi beristirahat para pengemudi.

“Tadi juga disampaikan bahwa BBM Kemasan akan disiapkan juga di Parking Bay KM 33A, 41A, 59A dari tanggal 21-25 Desember 2017 untuk tol yang dari arah Jakarta dan Parking Bay KM 71B dan 52B tanggal 26-28 Desember 2017 untuk yang menuju Jakarta, hal ini tentunya kami harapkan bisa memecah konsentrasi supaya tidak terfokus pada satu Rest Area,” kata Dirjen Budi.

Selain parking bay yang disediakan oleh Jasa Marga juga terdapat beberapa lokasi Parking Bay yang disediakan oleh pihak LRT Adhi Karya yaitu Parking Bay KM 15A. Kode A menunjukkan lokasi tersebut untuk arah dari Jakarta dan kode B menunjukkan lokasi untuk arah menuju Jakarta.(helmi)

loading...