Angkasa Pura 2

KSOP Muara Angke Gencar Ingatkan Keselamatan Pelayaran

DermagaRabu, 20 Desember 2017
2017-12-20 18.32.57

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Cuaca buruk yang kerap berpotensi di sejumlah perairan wilayah di Indonesia, mendorong Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muara Angke Ditjen Perhubungan Laut untuk gencar menyosialisasikan keselamatan pelayaran.

Sosialisasi itu, Kepala KSOP Muara Angke Capt. Wahyu Prihanto, M.Si, memgutarakan tidak hanya kepada operator kapal tradisional yang melayani rute Kali Adem-Kepulauan Seribu.

2017-12-20 18.30.58

“Sosialisasi itu melibatkan banyak mitra kerja, termasuk unsur kepolisian, TNI AL dan Dinas Perhubungan. Kami juga sosialisasi kepada nelayan yang beroperasi di Miara Angke. Ada sekitar 400 kapal nelayan di sana,” ungkap Wahyu kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id.

Dia mengutarakan sosialisasi itu bekerja sama dengan pengelola pelabuhan perikanan dan tempat pelelangan ikan. Nelayan yang baru datang dan hendak pergi diingatkan untuk menjaga keselamatan pelayaran.

Dalam kaitan itu, dia menuturkan nelayan diminta untuk tidak nekat pergi berlayar walau ada larangan karena cuaca buruk dengan gelombang tinggi.

“Bukan tidak mungkin nelayan sembunyi-sembunyi untuk pergi berlayar. Tanpa Surat Persetujuan Berlayar tentunya. Nah ini harus dihindari demi keselamatan diri sendiri,” ujarnya.

Mengenai kondisi cuaca di perairan Jakarta, dia menjelaskan sejauh ini masih bagus untuk berlayar. “Hanya saja, kami ingatkan kepada operator kapal untuk terus waspada. Selalu mengikuti perkembangan cuaca,” cetusnya. (dien).