Angkasa Pura 2

Antisipasi Kemacetan Mudik Nataru, Jojo: Pekerjaan LRT di Tol Jakarta Cikampek Dihentikan

KoridorJumat, 22 Desember 2017
Jojo Malang1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo mengatakan sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadibdi rapat koordinasi maka diminta agar pengerjaan LRT dapat dihentikan sementara. Kebijakan ini untuk mengurai kemacetan di tol Jakarta-Cikampek.

“Untuk mengurai kemacetan, kami minta penghentian pekerjaan LRT sementara antara tanggal 22 Desember 2017 – 2 Januari 2018. Selain itu jalur yang selama ini ditutup dikembalikan dulu untuk periode puncak ini sehingga kapasitasnya tidak berkurang,” ujar Jojo, sapaan akrab Sugihardjo di Jakarta, Jumat (22/12/2017).

Jojo mengatakan yang diutamakan dalam angkutan Natal dan Tahun Baru adalah aspek keselamatan. Angkutan Natal dan Tahun Baru berdasarkan ramalan cuaca dari BMKG itu relatif curah hujan tinggi dan tinggi gelombang cukup tinggi. Sehingga keselamatan baik penerbangan, pelayaran maupun di darat menjadi perhatian.

“Antisipasi yang dilakukan terhadap hal itu, kami sudah rapat dengan Dirjen Bina Marga. Maka Dirjen Bina Marga untuk daerah-daerah yang rawan longsor itu sudah mengerahkan alat berat ke lokasi sehingga apabila terjadi resiko longsor cepat bisa ditangani,” urai Jojo.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya menyatakan, untuk kelancaran transportasi darat, pihaknya telah memerintahkan Dirjen Perhubungan Darat Budi Karya bersama staf untuk melakukan pemantauan arus lalu lintas.

Menhub menyebut arus lalu lintas jalan tol dapat dipantau di Cikarang Utama. “Cikarang Utama saya setuju harus diinformasikan sedetailnya berkaitan dengan informasi volume yang kendaraan. informasi ini harus disebarluakan kepada masyarakat,” tandas Menhub.(helmi)

loading...