Angkasa Pura 2

Dirjen Hubdat Janji Siapkan Penyelenggaraan Mudik Jelang Saat Lebaran dan Nataru Dengan Lebih Baik

KoridorSabtu, 23 Desember 2017
IMG-20171223-WA0014

IMG-20171223-WA0008

JAKARTA (Beritatrans.com) – Dirjen Perghubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemhub) Budi Setiyadi berekad akan terus menyempurnakan penyelenggaraan mudik gratis baik saat Lebaran Idul Fitri atau Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Untuk mudik gratis Lebaran Idul Fitri sudah lebih baik dan dianggarkan dengan jelas. Sementara, mudik gratis Nataru baru dimulai tahun 2017 ini. Oleh karenanya maklum jika peserta mudik gratis ini belum memenuhi kuota,” kata Budi Setiyadi usai pelepasan mudik gratis Nataru  di Ancol, Jakarta, Sabtu (23/12/2017).

Mudik gratis pada liburan Nataru 2018 harus lebih baik. Nanti juga bisa dianggarkan dengan alokasi dana yang ada. “Sedang mudil gratis Nataru 2017 semua sumbangan dari Jasa Raharja dengan dana CSR BUMN tersebut. Kita sangat berterima kasih pada BUMN Jasa Raharja,” jelas Budi Setiyadi.

Dari taget  50 bus atau untuk 2.500 orang pada mudik gratis 2017, hanya tepakai 18 bus. Total peserta sampai saat berangkat  hanya 506 orang. “Kita akan evaluasi dan terus menyempurnakan pada  pelaksanaan mudik gratis masa medatang,” kata Dirjen Hubdat itu lagi.

Pada mudik gratis tahun depan, janji Budi Setiyadi akan ditingkatkan kualitas dan   jumlah pesertanya. “Kalau tahun depan, kita target bisa capai 100 bus untuk mudik Nataru. Dan mudik gratis Lebaran bisa lebih besar lagi,” papar Budi Setiyadi.

Oleh karena itu, Dirjen Hubdat langsung memerintahkan Direktur Angkutan  dan Multimoda (AMM) Cucu Mulyana menyiapkan kebih baik.  Untuk mudik Lebaran bisa mulai disosialisasikan sejak awal Januari-Februari dan Lebaran paa Juni  2018.

IMG-20171223-WA0015

Sosialisasi Lebih Awal

“Dengan sosialisasi yang lebih awal serta persiapan sejak dini, kita optimis  bisa diaplikasikan dengan baik. Masyarakat juga tahu informasi lebih mendalam dan bisa  mendaftar lebih panjang waktunya,” papar Budi Setiyadi.

Sebelumnya, Cucu Mulyana mengakui, waktu sosialisasi mudik gratis Nataru terlalu  singkat dan banyak warga masyarakat belum tahu. “Waktu pendaftaran hanya 15-20 hari dan itu terlalu pendek. Akibatnya, banyak warga belum tahu ada mudik gratis,” papar Cucu.

Mengacu pada pelaksanaan mudik gratis Nataru 2018, tanbah Cucu, pihaknya berjanji akan mempersiapkan diri lebih baik dan rentang waktu sosialisasi  yang lebih panjang. “Ditjen Hubdat Kemhub akan mempersiapkan  diri dengan lebih baik pada mudik gratis mendatang, baik untuk Lebaran atau Nataru,” tandas Cucu.(helmi)