Angkasa Pura 2

Dirjen Hubdat: Masyarakat Yang Mau Mudik Gratis Lebaran Akan Langsung Didaftar

KoridorMinggu, 24 Desember 2017
IMG-20171224-WA0000

IMG-20171223-WA0016

JAKARTA (Beritatrans.com) – Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan  (Kemhub) Budi Setiyadi menawarkan kemudahan bagi warga peserta mudik gratis Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang juga ingin ikuti mudik gratis saat  Lebaran mendatang silakan silakan lapor dan langsung didaftar.

Dengan begitu, mereka tak perlu repot-repot  mendaftar kembali   saat mau mudik menjelang Lebaran 2018. “Bagi yang mau mudik gratis Lebaran  mendatang,  langsung didaftar. Jadi lebih memudahkan petugas dan warga yang mau mudik,” kata Budi Setiyadi saat melepas mudik gratis Nataru di Jakarta, Sabtu (23/12/2017).

“Jika sudah ikut  mudik gratis tiga kali, sekalian menjadi anggota komunitas. “Kan lebih mudah mengurusnya,” kata Dirjen Hubdat sambil tertawa.

Turunkan Angka Kecelakaan

Saat mudik Lebaran 2018  nanti, papar Budi Setiyadi, diharapkan bisa  menyediakan sampai 1.000 bus. Sedang mudik gratis Nataru mendatang bisa mencapai 100 bus.

“Semakin banyak masyarakat ikut mudik gratis, resiko macet turun  serta  jumlah kasus dan korban kecelakaan juga berkurang,” harap Budi Setiyadi.

Tujuan akhir mudik gratis baik menjelang Lebaran atau Nataru adalah untuk meningkatkan keselemaatan transportasi. Mengurangi  pemudik dengan sepeda motor dan resiko kecelakaan turun.

“Dengan begitu, masyarakat enjoy bisa mudik dengan aman dan selamat. Jalanan tidak macet terutama yang disebabkan penggunaan mobil pribadi dan sepeda motor yang tinggi,” tandas Budi Setiyadi.

Angka kecelakaan saat mudik Lebaran 2017 turun dibandingkan periode sebelumnya. Tapi jika bisa diturunkan lagi makin bagus.

“Caranya dengan memperbanyak mudik gratis, memperbaiki transportasi umum. Dengan begitu, masyarakat mau meninggalkan mobil  pribadi atau sepeda motor,” tegas Budi Setiyadi.(helmi)