Angkasa Pura 2

81 ABK Asal Indonesia Ditelantarkan di Kapal Ocean Star 98

DermagaSenin, 25 Desember 2017
ocean-star-98_8517346_926621.570x1140

2017-12-25 21.56.46

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sebanyak 81 anak buah kapal asal Indonesia dikabarkan ditelantarkan di atas kapal Ocean Star 98 yang membawa mereka di tengah Laut Cina Selatan selama satu pekan terakhir ini.

“Mereka mengadu ke kami,” kata Ketua Advokasi, Hukum, dan Hak Asasi Manusia Pergerakan Pelaut Indonesia Imam Syafi’i saat dihubungi Tempo, Senin, 25 Desember 2017.

Imam menuturkan para ABK tersebut ditelantarkan tanpa kepastian. Mereka sudah bekerja selama tujuh bulan di perusahaan kapal yang berbeda, kemudian minggu lalu mereka dikumpulkan di kapal Ocean Star 98.

“Saat ini mereka tidak di darat namun terkatung-katung di laut, disuruh tidur di palka tempat penyimpanan ikan, dan makanan serta minuman mereka kurang layak,” ujar dia.

Saat ini, Imam sudah meminta kejelasan dari beberapa perusahaan penyalur para ABK tersebut. Namun perusahaan itu berdalih jika kapal sedang rusak. “Delapan perusahaan itu, hanya dua yang merespons kami,” tuturnya.

Salah satu ABK yang berada di kapal Ocean Star 98, Candra, menuturkan dia bersama rekannya yang lain tidak mendapatkan kejelasan nasib di atas kapal. Mereka tidak diberikan tempat yang layak di dalam kapal. “Kami tidur di palka ikan dan MCK tidak memadai,” ucapnya.

Candra tidak tahu kapan kapal tersebut akan bersandar di pelabuhan. Selama satu minggu ini, tutur dia, kapal tersebut hanya mengitari Laut Cina Selatan tanpa tujuan yang jelas.

“Kami semua ABK kapal Fu Yuan Yu (dengan nomor kapal yang berbeda) semuanya dikumpulkan di kapal Ocean Star 98,” kata dia.

Pada awalnya, Candra mengisahkan, dia bersama rekannya dikumpulkan oleh kapten kapal masing-masing dan berkumpul di kapal Ocean Star 98. Hingga saat ini dia belum mendapatkan kepastian mau dibawa ke mana oleh kapal tersebut. “Kami belum ada kepastian,” katanya.
(lay).