Angkasa Pura 2

Presiden Jokowi Jelajahi Terminal Bandara Soetta Pakai Skytrain

Bandara EmplasemenSelasa, 2 Januari 2018
IMG-20180102-WA0007

JAKARTA (beritatrans.com) – Presiden Joko Widodo meresmikan operasional kereta api Bandara Soekarno Hatta, hari ini, Selasa (2/1/2018).

Presiden berangkat dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, bersama Menko Polhukam Wiranto, Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Gubernur Banten Wahidin menggunakan APMS (Automated People Mover System) atau yang di kenal dengan sebutan Skytrain.

“Presiden dan rombongan menggunakan Skytrain menuju Integrated Building Terminal dan lanjut menggunakan KA Bandara menuju stasiun Sudirman Baru. Skytrain berjalan pelan dengan kecepatan kurang lebih 10 kilometer per jam karena Presiden Jokowi sambil memantau kondisi kereta, rel dan infrastruktur Bandara Soekarno Hatta tuturnya,” kata Direktur Utama Len Industri Zaky Gamal Yasin.

Skytrain mulai beroperasi pada 17 September 2017 menggunakan 1 trainset yang terdiri dari 2 kereta dengan kapasitas total dapat menampung 176 orang untuk perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3 dan integrated building terminal. Sekarang ini sudah di gunakan 3 trainset yang terdiri dari 6 kereta dengan kapasitas 528 orang.

Pengadaan trainset Skytrain beserta teknologi di dalamnya disiapkan oleh PT. Len Railways System (LRS) anak usaha dari PT Len Industri (Persero) dan Woojin asal Korsel dengan nilai investasi yang dikeluarkan PT Angkasa Pura II (Persero) sebesar Rp 530 miliar.

Adapun Skytrain ini dilengkapi sistem automated guideway transit (AGT) dengan ban karet yang dilengkapi pengarah dan berpenggerak sendiri atau self propelled. Kecepatan operasi Skytrain ini dapat mencapai 60 km/jam.

“PT Len Industri bangga dapat bersinergi dengan BUMN lain yakni PT Angkasa Pura 2 dalam menghadirkan Skytrain ini sebagai pilot project untuk penerapan APMS di bandara-bandara lainnya di Indonesia. Sedangkan untuk KA Bandara, PT Len Railway Systems mengerjakan persinyalannya mulai dari Stasiun Batu Ceper – Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

“Kita mendapatkan kontrak pekerjaan ini sejak Februari 2016 untuk menyelesaikan jalur Stasiun Batu Ceper – Stasiun Bandara Soekarno-Hatta,” tambah Zaky Gamal Yasin.(aliy)

loading...