Angkasa Pura 2

Rem Parkir Harus Berfungsi Optimal Dalam Setiap Kendaraan

Koridor OtomotifSelasa, 2 Januari 2018
Rem Tangann

JAKARTA (Beritatrans.com) – Rem parkir atau juga dikenal dengan rem tangan merupakan bagian kendaraan yang utama dalam mendukung aspek keselamatan berkendara.

“Periksa dan jagalah kondisi rem parkir mobil agar selalu dalam keadaan baik dan normal, sehingga penggunaannya dapat berfungsi dengan semestinya,” sebut akun @kemenhub151 yang dikutip beritatrans.com di Jakarta, Selasa 92/1/2018).

Keberadaan rem parkir, bukan hanya dibutuhkan saat kendaraan parkir atau berhenti. Tapi, rem yang dioperasikan dengan tangan itu juga dibutuhan terutama oleh pengemudi saat berhenti ditanjakan atau turunan. Atau dalam kondisi darurat dan harus berhenti mendsdak maka ram kaki dan rem tangan atau rem parkir harus bisa digunakan dengan optimal.

Tim Kementerian Perhubungan (Kemhub), terutama Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), salah satu point utama yang dicek dan ditanyakan peran dan fungsinyaada rem parkir tersebut.

Jika rem parkir atau rem tangan tidak ada atau tidak berfungsi maka otomatis tak akan lolok uji kelaikan jalan. Kedaraan tersebut baru diizikan beroperasi dan mengangkut penumpang umum jika sudah dilengkapi dan rem parkir berfungsi optimal.(helmi)