Angkasa Pura 2

Dari Indonesia Timur, Begini Aksi Taruna Transportasi BPSDMP Membantu Pemudik

Bandara Dermaga SDMRabu, 3 Januari 2018
Taruna Sorong Nataru

JAKARTA (Beritatrans.com) – Di wilayah timur Indonesia, taruna transportasi BPSDMP juga tak mau ketinggalan. Mereka diturunkan untuk membantu di Pokso Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018 serta memfasilitasi masyarakat yang datang dan pergi saat libur panjang Nataru ini.

Taruna Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Sorong, Papua Barat ikut membantu embarkasi dan debarkasi penumpang di Pelabuhan Sorong. Bahkan, para taruna ikut menolong penumpang yang sedang sakit menaiki kapal.

Taruna asuhan Kepala BP2IP Sorong Heru Widada, MM, M.Mar.E itu akan membantu kelancara arus mudik dan baik khususnya moda transportasi laut sejak menjelang Natal hingga Tahun Baru 2018 ini. Taruna yang ditugaskan dan tidak pergi pesiar dikerahkan untuk membantu masyarakat khususnya yang datang atau hendak pergi meninggalkan Sorong, Papau Barat.

Taruna Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Jayapura, juga menurunkan taruna di Posko Angkutan Nataru Bandara Sentani Jayapura. Mereka ikut berpatroli memantau situasi dan kondisi bandara bersama para petugas posko, serta ikut membantu penumpang di kedatangan dan keberangkatan.

Kegiatan membantu Posko Angkutan Nataru yang dilakukan taruna sekolah transportasi dalam menjaga kelancaran angkutan Nataru khusunya pada arus balik, juga mendapatkan apresiasi dari operator pelayaran. Salah satunya adalah para taruna Balai Diklat pelayaran (BDP) Minahasa Selatan, yang membantu kelancaran embarkasi dan debarkasi penumpang KM Labobar di pelabuhan Bitung.

Kepala BDP Minahasa Selatan, Capt. Wisnu Risianto menyatakan bahwa terlibatnya taruna diapresiasi oleh tim posko. “Pelni Cabang Bitung mengapresiasi terlibatnya taruna, mereka mengucapkan terima kasih dan merasa sangat terbantu,” katanya melalui siaran pers di Jakarta, Rabu (3/1/2018).

Para Taruna Transportasi BPSDMP pada angkutan Nataru 2018 ini telah membantu posko-posko di Bandara, Stasiun, Terminal, dan Pelabuhan sejak tanggal 18 Desember 2017 hingga nantinya posko angkutan Nataru selesai pada tanggal 8 Januari 2018.

Sebelumnya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengimbau agar seluruh jajarannya di Kementerian Perhubungan mengerahkan semua potensi yang ada untuk membantu kelancaran angkutan natal dan tahun baru agar aman, selamat dan lancar.(helmi)