Angkasa Pura 2

Dua Perguruan Tinggi Transportasi BPSDMP Siap Terima Taruna Ikatan Dinas Tahun 2018/2019

SDMRabu, 3 Januari 2018
Kampus STPI Curug

JAKARTA (Beritatrans.com) – Dua kampus BPSDMP Kementerian perubungan (Kemhub) tahun 2018 siap menjadi Perguruan tinggi Kedinasan (PTK) dan menerima taruna ikatan dinas dan gratis. Kesempatan ini dibuka bagi putra-putri terbaik Indonesia dana lolos seleksi.

Mereka itu adalah Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang, Banten dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi, Jawa Barat. Keduanya adalah sekolah transportasi dibawah naungan BPSDMP Kemhub.

Pertengahan tahun 2018 atau awal tahun ajaran baru 2018/2019, STPI siap menjadi PTK dan berubah menjadi Politeknik Penerbangan Curug,” kata Ketua STPI capt. Nivyanti widadi, S.AP, MM saat dikonfirmasi Beritatrans.com di Jakarta, Rabu (3/1/2018).

Dikatakan, nanti setelah menjadi Politeknik Penerbangan dan menjadi PTK kita akan menerima taruna ikatan dinas. “Sesuai rencana akan menerima 350 orang taruna baru dari berbagai program studi seperti di STPI sekarang,” kata Capt. Novy, sapaan akrab dia.

Proses dan usulan menjadi Politeknik dan PTK sudah dilakukan ke Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi di Jakarta. “Jika prosesnya lancar, sebelum tengah tahun 2018 sudah selesai. Tahun ajaran mendatang siap menerima taruna ikatan dinas yang berasal dari berbagai daerah di Tanah Air,” jelas Capt. Novy.

Kampus STTD

Sementara, Ketua STTD Bekasi Suharto, ATD, M.Sc kepada Beritatrans.com membenarkan kampus yang dipimpinnya akan menjadi PTK dan menerima taruna ikatan dinas. “Jumlah taruna yang akan diterima masih dibahas dan dimatangkan di BPSDMP, Kemhub Jakarta,” katanya serius.

Sebelumnya, Menpan RB Dr. Asman Abnur saat menyerahkan SK Formasi penempatan lulusan program pembibitan di STTD Bekasi menyatakan, pihaknya akan memberikan kuota 500 orang taruna untuk program ikatan dinas di STTD.

Dengan asumsi di Indonesia ada 514 kabupaten/ kota, maka jika satu daerah ditempatkan satu lulusan STTD di Dinas Perhubungan di daerah masih kurang. Sementara, kebutuhan SDM terampil di bidang transportasi terutama di Dinas Perhubungan sangat tinggi.

“STTD adalah perguruan tinggi teknis transportasi darat yang mendidik tenaga profesional di bidang transportasi. Lulusan STTD sangat dibutuhkan di Dinas Perhubungan di daerah, untuk merencanakan dan mengelola transportasi di daerah tempat tugasnya,” tandas Menpan RB itu.(helmi)

loading...