Angkasa Pura 2

Fantastis. Bandara Soetta & Halim Layani 70 Juta Penumpang, Jauh di Atas Jumlah Penduduk Jabodetabek

BandaraMinggu, 7 Januari 2018
IMG_20180107_162104

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) melayani 63.015.620 penumpang selama tahun 2017.

Menurut Executive General Manager Kantor Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan, bila dibandingkan dengan tahun 2016 sebanyak 58.195.484 penumpang, maka terdapat kenaikan hingga delapan persen.

Angka yang disodorkan Suriawan Wakan itu dengan ditambah Bandara Halim Perdanakusumah, yang melayani hampir 7 juta penumpang, maka Beritatrans.com mendapatkan angka fantastis yakni menjadi 70 juta penumpang

Jumlah total penumpang itu pantas mendapat sebutan fantastis karena jauh di atas jumlah penduduk di kawasan Jabodetabek yang populasinya 50 juta orang. Dari fakta itu maka dapat diasumsikan bahwa dua bandara kelolaan PT Angkasa Pura II teramat sanggup melayani seluruh penduduk Jabodetabek bila mereka hanya sekali menggunakan jasa pesawat terbang.

Dapat dibayangkan bagaimana repotnya melayani puluhan juta penumpang dengan berbagai latar belakang berbeda. Namun PT Angkasa Pura II dengan berbagai inovasi mampu menghadirkan pelayanan berupa airport service quality tergolong excellent.

Indonesia patut berbangga dengan prestasi PT Angkasa Pura II seperti itu. Dengan populasi 50 juta penduduk di kawasan Jabodetabek, cukup dilayani dua bandara.

Peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan sekaligus akademisi di Sekolah Tinggi Manajemen Transpor Trisakti, DR Deni Siahaan, bahkan menilai prestasi PT Angkasa Pura II itu luar biasa.

“Bila direlevansikan dengan jumlah penduduk di kawasan Jabodetabek dan kapasitas dua bandara itu maka tergolong luar biasa. Realita ini yang kadang tidak kita sadari,” tuturnya.

Dia mengingatkan pembangunan bandara selalu saja berdasarkan dua pertimbangan utama yakni populasi penduduk dan income per kapita. Dengan dua faktor itu maka PT Angkasa Pura II memperlihatkan kemampuannya untuk membuktikan bahwa kapasitas Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma jauh di atas populasi penduduk.

BeritaTrans.com dan Aksi.id memperbandingkan realitas kapasitas dua bandara itu dengan dengan kota megapolitan London, Inggris. Dengan populasi 12 juta-14 juta penduduk, tersedia lima bandara yakni Bandara Internasional London Heathrow di Hillingdon, London Barat, Bandara London Gatwick di West Sussex, London Selatan, Bandara London Stansted di Essex, London Timur, Bandara London Luton di Bedfordshire, London Utara, serta Bandara London City.

“Ya bila dilihat populasi penduduk dan jumlah bandara di London dengan Jabodetabek memperlihatkan lagi unggulnya PT Angkasa Pura II. Hanya saja memang bandara di London ini, khususnya Heathrow, besar kapasitasnya,” tutur Deni Siahaan.

Dengan fakta ini, mantan kepala Balitbanghub itu mengutarakan maka kapasitas Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma sepatutnya diperbesar melalui intensifikasi dan ekstensifikasi.

“Apalagi pertumbuhan jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma sangat pesat. Kapasitasnya harus diperbesar. Karena itu, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan sebaiknya memberikan dukungan luar biasa kepada pengembangan dua bandara itu,” ujarnya.

(Agus Wahyudin).

loading...