Angkasa Pura 2

Miliki 39 Kapal Tanker, Soechi Lines Siapkan Belanja Modal 50 Juta Dolar AS

DermagaSenin, 8 Januari 2018
Soechi-Lines-Sea-Boat-Ship-Indonesia-Investments

JAKARTA(BeritaTrans.com) – Maskapai pelayaran PT Soechi Lines Tbk ( SOCI) pada tahun ini mengalokasikan dana belanja modal atawa capital expenditure sama seperti tahun lalu. Perusahaan mengatakan alokasi tersebut digunakan untuk sewaktu-waktu ada rencana pembelian kapal baru.

Tahun lalu, dengan dana belanja modal sebesar US$ 30-50 juta perusahaan menambah 2 unit kapal baru. Pada tahun ini, perusahaan belum memastikan akan menambah kapal baru pada tahun ini atau tidak, sebab semua bergantung dengan demand yang ada.

“Kami harus fokus utilisasi kapal existing, jadi kami tidak mau targetin (beli) kapal baru, utilisasi harus bagus. Intinya mau fokus ke utilisasi existing dulu,” ujar Paula Marlina, Direktur Keuangan SOCI kepada KONTAN, kemarin.

Tahun ini perusahaan memiliki 39 kapal tanker, bila nanti demand meningkat perusahaan tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan capex untuk pembelian baru. Hanya saja perusahaan belum mau membeberkan target penambahan kapal baru tersebut.

“Intinya perusahaan menyiapkan bujet belanja modal US$ 30-50 juta. Realisasi belanja modal akan dengan melihat permintaan kapal dan harga kapal di pasar internasional,” lanjutnya.

Yang jelas, perusahaan masih optimis menatap tahun ini. Sebab, arah kebijakan pemerintah yang ingin mengembangkan kemaritiman berimbas baik. Apalagi denan penerapan azas cabotage dan Permendag 82 mengenai barang ekspor-impor harus berbendera Indonesia.

“Kami sebagai pemain (industri kemaritiman) ini sedang positif banget karena pemerintah mendukung,” tutupnya.

(lay/sumber: kontan.co.id).

loading...