Angkasa Pura 2

Taruna-Taruni STIP Diharapkan Terbiasa Membuat Paper Dalam Bahasa Inggris

SDMSelasa, 9 Januari 2018
Menhub n taruna STIP

JAKARTA (Beritatrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi berharap agar kemampuan taruna dan pelaut Indonesia bisa ditingkatkan lagi. Jika mungkin bahasa pengantar mulai secepatnya menggunakan Bahasa Inggris agar mereka (taruna-taruni) terbiasa membuat paper dalam bahasa Inggris.

“Kita punya sekolah bidang Perhubungan yang banyak sekali dan di tengah Indonesia sedang meningkatkan daya saing, kami berpikir tidak mungkin daya saing itu bisa terjadi tanpa meningkatkan sumber daya manusia,” ujar Menhub Budi Karya dihadapan ratusan taruna-taruni STIP di Jakarta, kemarin.

Peningkatan kemampuan Bahasa Inggris para taruna pelaut mutlak dilakukan sejak sekarang. Saat mereka lulus nanti, bisa bersaing. “Secara teknis menguasai kemampuan teknis pelaut, sekaligus didukung kemampuan Bahasa Inggris yang memadahi,” jelas Menhub.

Tadi dalam diskusi, lanjut dia, kami identifikasi berkaitan dengan mereka yang sudah lulus dan mereka yang belum lulus dan bagi yang sudah lulus ada beberapa yang belum berkesempatan bekerja.

“Makanya, kami akan lakukan peningkatan untuk mereka dan kami akan lakukan fasilitasi agar mereka mendapat pekerjaan baik di dalam dan di luar negeri,” jelas Menhub.

Menhub Budi Karya menjelaskan bahwa dari situ kita melihat bahwasanya ada semacam keharusan melakukan improvement, perbaikan baik secara kualitas kepada sekolah maupun bagaimana kita mengkomunikasikan lulusan STIP.

Para lulusan sekolah-sekolah BPSDM Perhubungan ini bisa bersaing dan bisa diserap di dunia Internasional. Ke depan, diharapkan para pelaut sekolah BPSDMP bisa mkin berjaya dan banyak terserap di perusahaan pelayaran besar dunia.

“Kita tahu bahwasanya memang industri secara Internasional memang tidak terlalu menggembirakan, harapannya kalau kita memiliki lulusan yang punya kompetensi saya yakin kita juga bisa mengandalkan mereka sebagai insan yang bisa mendapatkan tanggung jawab yang lebih,” tandas Menhub.(helmi)