Angkasa Pura 2

2018 Kementerian Perhubungan Optimalkan Jembatan Timbang

KoridorRabu, 10 Januari 2018
IMG-20180110-WA0031

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) akan lakukan perubahan signifikan dengan mengoptimalkan kinerja Jembatan Timbang. Perubahan itu akan mulai dilakukan Hubdat bulan Januari 2018.

Demikian Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam sambutannya mewakili Menteri Perhubungan pada acara Launching dan Bedah Buku “Service Transformation Perjalanan Jasa Raharja Mencapai Service Excellence” di Jakarta (10/1/2018).

Dirjen Budi mengungkapkan pihaknya mendapat banyak kritik dan masukan pada saat pelaksanaan Angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang lalu terkait banyaknya kendaraan angkutan barang yang _overloading_ (kelebihan muatan) dan _overdimensional_ (kelebihan dimensi) walaupun sudah diberlakukan pembatasan.

“Dampaknya adalah saat jalan dalam keadaan tidak baik, banyak truk yang mengalami patah as, tumpah muatan ke jalan, dan sebagainya,”  jelas  Dirjen Budi.

Meskipun diakui Dirjen Budi,  hal ini menjadi tantangan berat bagi pihaknya, namun demikian pihaknya akan melakukan penindakan tegas bagi kendaraan yang overloading atau overdimensional.

“Mungkin akan ada dampak resistensi, tapi kami akan coba sosialisasikan kepada setiap pemangku kepentingan,” tandas  Dirjen Budi.(helmi)