Angkasa Pura 2

Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Cinere Cukup Setengah Jam

Aksi Polisi KoridorRabu, 10 Januari 2018
IMG_20180110_120112

IMG_20180110_120511

DEPOK (beritatrans.com) – Berurusan dengan kepolisian itu ribet, termasuk urusan surat-surat kendaraan. Selain banyak calo, mahal, dan prosesnya juga lama. Anggapan seperti itu mungkin dulu iya. Tetapi sekarang tidak.

Contohnya di Samsat Cinere, Kota Depok, Jawa Barat. Pelayanan di Samsat yang berada di bawah Polres Depok, Polda DKI Jakarta ini bisa dibilang super cepat. Mengurus pajak kendaraan bermotor cukup hanya setengah jam selesai.

Hari ini, Rabu (10/1/2018), saya membayar pajak kendaraan bermotor karena masa tenggangnya hanya tinggal 1 hari besok, Kamis (11/1/2018).

Datang ke Samsat Cinere yang berlokasi di Jl. Raya Limo, Kota Depok, Jawa Barat sekitar pukul 11.30 WIB.

Begitu selesai parkir kendaraan langsung menuju tempat foto copy untuk menggandakan berkas-berkas persyaratan bayar pajak kendaraan yaitu KTP, STNK, dan BPKB. Siapkan uang Rp 5.000,- untuk biaya foto copy berkas karena sepertinya tarif foto copy ini “jauh dekat” Rp 5.000,-. Mungkin biaya sebesar itu termasuk biaya map, plastik STNK, dan pelayanan karena berkas-berkas yang digandakan itu langsung disusun oleh tukang foto copy. Jadi kita tinggal terima beres.

Selesai urusan foto copy berkas yang hanya memakan waktu sekitar 3 menit (lama pelayanan di foto copy tergantung sedikit atau banyaknya permintaan, langsung menuju meja penerima tamu, semacam front office. Prosesnya tidak sampai 1 menit.

Petugas penerima tamu mengarahkan ke pelayanan pelayanan pelanggan (costumer service). Di tempat ini cuma pendataan dan ditanya nomor kontak yang bisa dihubungi. Prosesnya tidak sampai 1 menit.

Dari meja costumer service diarahkan ke loket pajak progresif untuk mengecek apakah kendaraan terkena pajak progresif atau tidak. Dari loket pajak progresif ini, kita menunggu panggilan dari petugas pendaftaran karena berkasnya telah diserahkan langsung oleh petugas loket pajak progresif.

Proses di loket pajak progresif dan loket pendaftaran tidak sampai 5 menit. Petugas pendaftaran kemudian mengarahkan untuk membawa berkas ke loket pengesahan.

Dari loket pengesahan, berkas dibawa lagi ke loket pendaftaran. Tidak sampai 15 menit ada panggilan dari loket pembayaran. Selesai membayar biaya administrasi pajak diberi secarik kertas semacam kwitansi tanda telah membayar pajak berikut biaya administrasinya.

Menunggu lagi sekitar 10 menit ada panggilan dari loket penyerahan STNK yang sudah diberi cap telah bayar pajak. Proses pembayaran pajak kendaraan selesai pukul 12.00 WIB, bertepatan dengan waktu istrihat, shalat dzuhur, dan makan siang. (aliy/wartawan beritatrans.com dan aksi.id)

loading...