Angkasa Pura 2

BNN Sinyalir Ada Oknum Maskapai Sekongkol dengan Bandar Narkoba

Aksi Polisi Bandara KokpitKamis, 11 Januari 2018
9uPOrTnbN7

SURABAYA (beritatrans.com) – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol. Budi Waseso mengatakan ada oknum di maskapai penerbangan yang bersekongkol dengan bandar narkoba dan memasukkan barang haram tersebut ke Indonesia.

“Saya enggak peduli maskapai yang sering masukkan narkoba itu,” kata Budi Waseso di Kantor Bea dan Cukai Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Kamis, (11/1/2018).

Jalur udara distribusi narkotika, kata Budi Waseso, sebagian besar jaringan Malaysia dan Singapura.

Sayang dia enggan menyebutkan maskapai apa saja yang biasa digunakan para bandar dan pengedar menyelundupkan barang haram itu ke Indonesia.

“Nanti saya kasih tahu kalau maskapainya diam saja,” ujar Waseso seperti dilansir viva.co.id.

Satu hal yang pasti, menurutnya, kasus per kasus di sejumlah daerah sudah terjadi.

“Di beberapa tempat dan daerah sudah ada case atau kasusnya, dan maskapainya tercatat semua. Ini sudah sampaikan ke maskapai-maskapai itu, agar melakukan upaya (pencegahan) dari mereka sendiri, bukan dari kita,” katanya.

Selain melalui jalur udara, dia juga mengungkapkan, pengedar jaringan internasional juga kerap memanfaatkan nelayan Indonesia.

“Mereka membawa barang itu, sampai di lautan lepas atau laut perbatasan, kemudian dipecah dan diambil oleh para oknum nelayan yang sudah dibayar,” ujarnya. (aliy)

loading...