Angkasa Pura 2

Demi Keselamatan, Ingat Batas Kedalaman Alur Ban Kendaraan anda

Koridor OtomotifKamis, 11 Januari 2018
Alur Ban Mobil

JAKARTA (Beritatrans.com) – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemhub) mengingatkan masyarakat untuk peduli dan waspada pada kendaraan yang digunakan. Demi keselamatan, kendaraan lengkap dengan suku cadangnya harus tetap dalam kondisi prima.

Salah satunya ban. Jika banda sudah gundul atau tak laik jalan, jangan dipaksakan dipakai, karena bisa membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

“Kondisi ban merupakan faktor penting keselamatan berkendara. Ketahui, batas maksimal kedalaman alur ban tidak boleh kurang dari 1 milimeter,” sebut akun @kemnhub151 di Jakarta.

Segera lakukan penggantian ban saat menyentuh kedalaman satu milimeter, agar ban tetap dapat mencengkeram aspal di berbagai kondisi cuaca.

“Terlebih saat kerap turun hujan seperti saat ini yang memaksa peforma ban bekerja lebih keras,” sebut akun tersebut mengingatkan.

Masih menutut akun tersebut, aturan batas kedalaman alur ban telah diatur pada PP 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, Pasal 73.

Jadi, masalah kelaikan ban secara tegas diatur dengan tegas dalam UU LLAJ. Dan yang lebih penting adalah untuk keselamatan berkendaraan di jalan raya.(helmi)

loading...