Angkasa Pura 2

Pisah Sambut, Capt. Arifin Minta Kapal Latih Taruna Dimanfaatkan Secara Optimal

SDMKamis, 11 Januari 2018
IMG-20180111-WA0022

JAKARTA (Beritatrans.com) – Mantan Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (Kapusbang SDM Hubla) Capt. Arifin Soenardjo meminta kepada penggantinya agar bisa melanjutkan program kerja yang baik yang sudah dirintisnya.

“Program tersebut adalah pemanfaatan kapal latih taruna dengan optimal. Kapal tersebut hendaknya menjadi media belajar dan berlatih taruna sehingga menghasilkan lulusan yang lebih baik,” kata Capt. Arifin kepada BeritaTrans.com usai acara pisah sambut  dengan penggantinya I Nyoman Sukayadnya di Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Acara pisah sambut itu dipimpin Kepala BPSDMP Dr. Djoko Sasono. Ikut hadir para kepala UPT khususnya dari matra  transportasi laut di seluruh Indonesia. Acara pisah sambut itu dilaksanakan bersamaan dengan Rapat Pimpinan (Rapim) BPSDMP tahun 2018.

Sedang program berikutnya yang juga penting, lanjut  Capt. Arifin adalah program long distance learning atau belajar jarak jauh bagi taruna pelaut, dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan (iptek) khususnya bidang information technology (IT).

IMG-20180111-WA0021

Sesuai rencana pembelajaran taruna pelaut ke depan akan lebih banyak dilakukan secara online. Mereka lebih banyak praktik di kapal namun tetap dipantau bahkan diberikan penugasan oleh dosen. Dan taruna bisa langsung praktik di atas kapal.

Dikatakan, belajar di era digital harus bisa memanfaatkan IT, sehingga meringankan tugas manusia dengan hasil yang lebih optimal. “Pelaut Indonesia ke depan harus makin baik, menguasai kemampuan teknis sebagai pelaut sekaligus melek IT,” tandas Arifin.

Sementara, Kapusbang SDM Hubla  I Nyoman Sukayadnya mengaku siap melanjutkan program kerja yang baik dan sudah dirintis di masa Capt. Arifin.

“Saya ini orang “navigasi tulen” dan akan secepatnya belajar agar bisa melaksanakan tugas dengan baik. Pelan tapi pasti institusi ini harus terus bergerak lebih maju,” jelas Nyoman.

“Namun dengan dukungan semua pihak serta kerja keras seluruh tim kita optimis mampu bekerja dengan lebih baik,” tandas Nyoman.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari