Angkasa Pura 2

2018, BP2 Penerbang Banyuwangi Siap Didik Putra Papua dan Alumni Pesantren Menjadi Pilot

SDMJumat, 12 Januari 2018
Afen Sena - Pilot

JAKARTA (Beritatrans.com) – Balai Pendidikan dan Pelatihan (BP2) Penerbang Banyuwangi, Jawa Timur tahun 2018 siap mendidik siswa penerbang dari Papua dan Papua Barat serta alumni pondok pesantren. Mereka akan menjalani diklat gratis dan dibayai dengan DIPA Kementerian Perhubungan.

BP2 Penerbang Banyuwangi masih tengah menambah kuota diklat calon penerbang dari Papua dan Papua Barat. Dari seleksi tahap pertama dan kedua, baru diperoleh 8 orang yang memenuhi syarat.

“Mereka berhasil lolos seleksi calon penerbang di BP2 Penerbang Banyuwangi. Proses seleksi dilakukan secara profesional dengan standar yang sama sebagai calon penerbang,” kata Kepala BP2 Penerbang Banyuwangi Afen Sena, S.SiT, M.Si menjawab Beritatrans.com di Jakarta, Kamis (11/1/2018) petang.

Menurutnya, targetnya peserta beasiswa penerbang di BP2 Penerbang Banyuwangi dari Papua dan Papua Barat akan mengambil satu kelas. Oleh karenanya, proses seleksi akan dilakukan lagi sampai kuota itu terpenuhi, yaitu 12 orang untuk satu kelas.

Selain itu, papar Afen, BP2 Penerbang Banyuwangi juga akan mendidik calon penerbang dari alumni pondok pesantren (PP). Namun proses seleksinya akan dilakukan di STPI Curug. “Setelah lulus seleksi, nanti mereka yang menjalani diklat di BP2 Penerbang Banyuwangi,” sebut dia.

Dia menambahkan, tahun 2018 ini BP2 Penerbang Banyuwangi tidak menerima kota Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM). Tapi, kampus Banyuwangi School of Pilot ini mendapatkan tugas untuk menyelenggarakan diklat beasiswa penerbang, baik dari Papau dan Papua Barat serta para alumni pondok pesantren.

Sementara, siswa penerbang batch XIII sudah masuk kampus BP2 Penerbang Banyuwangi. Mereka sudah selesai menjalani masa dasar pembentukan karakter, bahkan sudah dikukuhkan menjadi taruna pascaproses Jalan Tradisi dan dikukuhkan di lokasi Kawah Ijen, Banyuwangi.

Pemgukuhan taruna penerbang BP2 Penerbang Banyuwangi dilakukan oleh Kapusbang SDM Perhubungan Udara Sri Lestari, SH, LLM didampingi Kepala BP2 Penerbang Banyuwangi Afen Sena, S.SiT, M.si beserta staf.(helmi)

Foto: Dok, ilustrasi

loading...
  • Temiron Wanimbo

    Ada beasiawa pilot lagi tidak