Angkasa Pura 2

Bupati Jember Target Bandara Notohadinegoro jadi Sub Embarkasi Haji

BandaraJumat, 12 Januari 2018
IMG-20170820-WA0039

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Bupati Jember, Jawa Timur Faida menargetkan Bandara Notohadinegoro dapat menjadi sub embarkasi penerbangan haji bagi jamaah di wilayahnya setelah pengembangan.

“Saat ini kami tengah berkoordinasi dengan beberapa pihak agar pengembangan bandara menjadi sub embarkasi penerbangan haji bisa cepat terwujud,” ujar Faida disela pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso di Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Antara lain katanya, berkoordinasi dengan Kementerian Agama, Kementerian Hukum dan HAM serta Ditjen Imigrasi. Pihaknya juga melakukan pendekatan  dengan pihak PTPN XII selaku pemilik lahan di sekitar bandara untuk pelebaran akses jalan menuju dan dari bandara yang menjadi concern.

“Tak hanya itu saja, kami juga melakukan koordinasi dengan PT Angkasa Pura II terkait pengembangan dan pengelolaan bandara setelah pembangunan,” tuturnya.

Saat ini di Jember dan sekitarnya sudah ada 17 kloter jamaah haji tiap tahunnya. Selama ini para jamaah haji tersebut selalu menggunakan transportasi darat menuju Bandara Juanda Surabaya sebagai embarkasi utama untuk kemudian diterbangkan menuju tanah suci.

Dengan dijadikannya Bandara Notohadinegoro sebagai sub embarkasi, nantinya para jamah haji tidak lagi menggunakan transportasi darat, namun menggunakan pesawat untuk menuju dan balik dari Bandara Juanda Surabaya sehingga tidak melelahkan dan mempersingkat waktu tempuh.

Didampingi UPTD  Bandara Notohadinegoro, Faida meminta pedoman kepada Dirjen Agus Santoso dan jajarannya terkait pengembangan bandara yang saat ini pengelolaannya masih dibawah UPTD tersebut, sehingga lebih berkembang dan menjadi pemicu perkembangan ekonomi daerah sekitarnya. (omy)